Adu Kartu 'Sakti' Jokowi vs Prabowo

Selasa, 5 Maret 2019 07:00 Reporter : Syifa Hanifah
Adu Kartu 'Sakti' Jokowi vs Prabowo Jokowi vs Prabowo. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Jelang pencoblosan, Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno semakin gencar 'menjual' program-program unggulan saat kampanye kepada masyarakat. Termasuk soal janji akan menambah kartu 'sakti'.

Jokowi-Ma'ruf mengeluarkan kartu sakti untuk masyarakat kurang mampu mulai dari sembako gratis sampai kartu untuk pekerja. Sementara pasangan Prabowo-Sandi juga mengeluarkan kartu sakti untuk menandingi kartu sakti ala Jokowi.

Mana yang lebih unggul kartu sakti Jokowi atau Prabowo? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Kartu Sakti Jokowi dari Sembako Murah, KIP Sampai Kuliah

Pidato Jokowi di Konvensi Rakyat. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Capres Jokowi memperkenalkan kartu sakti barunya dalam Pilpres 2019. Dia berjanji akan mengeluarkan program berupa kartu-kartu. Kartu itu adalah kartu sembako murah, kartu Indonesia pintar untuk perguruan tinggi, dan kartu pra kerja untuk pelatihan vokasi.

Jokowi akan memperkuat program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Nantinya, KIP akan mengcover pendidikan hingga tingkat kuliah. "Kemudian Kartu Indonesia Pintar, KIP, yang sekarang hanya sampai di SMA atau SMK, juga jadikan KIP kuliah, seperti ini, artinya Kartu Indonesia Pintar, KIP kuliah akan dapat membantu biaya pendidikan, membantu biaya pendidikan mulai dari anak usia dini, hingga kuliah dengan kartu ini," tegas Jokowi.

"Akan saya perkuat dengan program kartu Sembako Murah, kartunya seperti ini, nanti akan ada kartu sembako murah seperti ini," jelas Jokowi.

2 dari 4 halaman

Kartu Sakti Baru Jokowi Wujud Kehadiran Negara untuk Rakyat

Hasto Kristiyanto. ©2018 Merdeka.com/Nur Habibie

Sekjen PDIP dan sekaligus Sekjen Tim Kampanye Nasional, Hasto Kristiyanto, mengatakan dengan tiga kartu yakni kartu sembako murah, kartu Indonesia pintar untuk perguruan tinggi, dan kartu pra kerja untuk pelatihan vokasi, maka tanggung jawab negara di dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa semakin terpenuhi.

"Sembako, pendidikan hingga kuliah, kesehatan, kesejahteraan ibu-ibu rumah tangga, stabilitas harga pangan melalui kartu sembako, hingga pekerjaan yang layak, dijamin oleh Jokowi, dan negara benar-benar hadir," kata Hasto.

3 dari 4 halaman

Kartu Sakti ala Prabowo-Sandi

Prabowo-Sandiaga daftar ke KPU. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Cawapres Sandiaga Uno juga mengaku memiliki kartu sakti untuk menyaingi kartu-kartu dari kubu petahana. Namun, dia tak mau merinci konsep kartu yang dimiliki.

"Kartu Jakarta Pintar kita modifikasi menjadi KJP plus di DKI, dan alhamdulillah itu berjalan dengan baik," kata Sandi di Rumah Djoeang, Jakarta Selatan, Rabu (27/2).

Sandi mengatakan, pihaknya lebih mendorong sistem pendidikan yang tuntas berkualitas serta sistem pendidikan berbasis karakter. "Kita tidak ingin mengobral-obral janji dengan kartu yang lebih sakti lagi. Karena bagi kita yang penting adalah sistem pendidikan ini bisa mengangkat indeks-indeks yang agak mengkhawatirkan ya kalau kita lihat," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Kartu Sakti Prabowo Dalam Tahap Penyempurnaan

Ferry Juliantono. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ferry Juliantono mengaku kubunya juga punya kartu tandingan dari kartu 'sakti' capres petahana Joko Widodo atau Jokowi. Namun, kartu tersebut masih perlu disempurnakan.

"Pasti ada, kan kita sudah nyebarin juga. Tapi kan sekarang kartu-kartu itu harus pertama didukung dengan database kependudukan yang benar," kata Ferry. [has]

Baca juga:
Kritik-Kritik Keras Amien Rais Sampai Sebut Kata Hancur
Syahrul Yasin Limpo Bantah Video dengan Camat Berisi Dukungan Buat Jokowi
TKN Lakukan Upaya Serius Demi Dongkrak Elektabilitas Jokowi di Jabar
Fadli Tak Masalah Pidato AHY Tidak Sebut Prabowo Calon Pemimpin Akan Datang
Fadli Zon: Prabowo Mimpi Saja Bisa Dalam Bahasa Inggris
BPN Pastikan Penangkapan Andi Arief Tak Ganggu Kerja Prabowo-Sandi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini