WN Malaysia Pelaku Skimming di Makassar Kuras Uang Nasabah Rp105 Juta

Jumat, 27 Desember 2019 21:03 Reporter : Salviah Ika Padmasari
WN Malaysia Pelaku Skimming di Makassar Kuras Uang Nasabah Rp105 Juta WN malaysia pelaku skimming di Makassar. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Warga Malaysia bernama Muhammad Azmi bin Abdullah (35), tertangkap basah petugas saat tengah membobol ATM BNI dengan cara skimming di Jalan Penghibur, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Jumat (27/12). Total kerugian yang ditanggung BNI senilai Rp105.800.000.

Kapolrestabes Makassar Kombes Polisi Yudhiawan Wibisono menjelaskan, pelaku ini bekerja untuk seseorang di Malaysia berkewarganegaraan Bulgaria, yang dipanggilnya 'Bro'.

"Pelaku diberikan kartu-kartu member mirip ATM oleh warga Bulgaria di Malaysia yang dipanggilnya Bro. Kemudian pelaku mengeksekusinya di Makassar. Ini bisa diduga pembobol ATM jaringan internasional dengan cara skimming, menggunakan kartu ATM Palsu," kata Yudhiawan.

Petugas ATM BNI curiga lantaran melihat pelaku membawa banyak kartu yang berbeda dengan kartu BNI.

"Petugas BNI itu kemudian mengamankan pelaku dan membawanya ke posko pengamanan Natal dan tahun baru di dekat TKP. Di dompet pelaku ditemukan uang Indonesia senilai Rp5,5 juta," kata Yudhiawan.

Selanjutnya, pelaku dibawa ke Reskrim Polrestabes Makassar kemudian tim dari unit Jatanras lakukan pengembangan ke Hotel Ibis di Jalan Maipa, tempat pelaku menginap.

Dalam penggeledahan kamar pelaku, ditemukan tas berisi pakaian dan uang tunai senilai Rp100.300.000, sehingga total uang yang disita Rp105.800.000.

Polisi mengamankan barang bukti 42 kartu, satu laptop, satu tiket penerbangan, uang Ringgit berbagai pecahan, paspor dan visa wisata dan kartu SIM C dikeluarkan di Bali.

Pelaku ini berada di Makassar sejak Senin (23/12). Menggunakan maskapai penerbangan Air Asia melalui penerbangan langsung, Kuala Lumpur-Makassar. Pengakuannya, bekerja sendiri di Makassar.

Pelaku ditetapkan sebagai tersangka dan disangkakan melanggar pasal 40 UU ITE No.19 Tahun 2016 junto pasal 362 KUHP, dengan ancaman 12 tahun penjara. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Skimming
  3. Pembobolan ATM
  4. Makassar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini