WN India Pemalak Warga Dijebloskan ke Rudenim Denpasar

Jumat, 9 April 2021 03:00 Reporter : Moh. Kadafi
WN India Pemalak Warga Dijebloskan ke Rudenim Denpasar Pradeep Kumar X (51) saat dibawa ke Rudenim Denpasar, Bali, Kamis (8/4). ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Warga negara asing (WNA) asal India, Pradeep Kumar X (51), yang memalak pengunjung warung di Denpasar, Bali, dijebloskan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kelas I TPI Denpasar, Kamis (8/4). Pria yang sudah melanggar izin tinggal ini juga segera dideportasi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Bali Jamaruli Manihuruk memaparkan, tim Inteldakim melakukan pemeriksaan melalui sistem keimigrasian memastikan Pradeep berkebangsaan India. Izin tinggalnya di Indonesia pun sampai 17 Maret 2020, artinya telah overstay 183 hari.

"Menurut informasi yang diterima tim bahwa yang bersangkutan pada tahun 2011 pernah di deportasi dari Amerika Serikat," kata Jamaruli, Kamis (8/4) sore.

Pradeep dijemput dari Kantor Satpol PP Denpasar, Bali, pada pukul 14.30 Wita. Dia langsung melewati serangkaian proses yang menjadi protap pencegahan Covid-19.

Selanjutnya, petugas membawa Pradeep ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dari pemeriksaan yang dilakukan, Pradeep masuk ke Bali menggunakan bebas visa kunjungan.

"Yang bersangkutan, terbukti secara sah dan meyakinkan telah melewati masa izin tinggal yang diberikan lebih dari 60 hari. Dan terhadap yang bersangkutan untuk dikenai tindakan administratif keimigrasian berupa keharusan untuk bertempat tinggal di Rumah Detensi Imigrasi," ujarnya.

"Karena yang bersangkutan belum memiliki cukup biaya untuk membeli tiket kembali ke negara asal dan belum tersedianya alat angkut menuju asalnya," ujar Jamaruli.

Seperti diberitakan, WNA asal India bernama Pradeep Kumar Xplorer diamankan petugas Satpol PP Denpasar, Bali, karena memalak pengunjung di sebuah warung di Jalan Sudirman, Denpasar, Bali, pada Senin (5/4) sore. Dia ditangkap setelah warga mengeluhkan atas tindakannya yang melakukan pemalakan dan makan tanpa bayar. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini