Warga Sepaku Diberi Motivasi Hadapi Tantangan jadi Warga Ibu Kota

Senin, 9 September 2019 04:29 Reporter : Saud Rosadi
Warga Sepaku Diberi Motivasi Hadapi Tantangan jadi Warga Ibu Kota Camat Sepaku Risman Abdul. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah memutuskan sebagian Penajam Paser Utara (PPU), dan Kutai Kartanegara, di Kalimantan Timur jadi ibu kota negara (IKN) pengganti Jakarta. Terkait kabar ibu kota bakal dibangun di Sepaku, warga setempat diberi bekal motivasi menghadapi tantangan sebagai warga ibu kota.

Kegiatan Diskusi dan Motivasi Peluang dan Tantangan jadi Warga Ibu Kota, digelar di tribun Lapangan Taruna, Desa Bukit Raya, Sepaku, di PPU, siang tadi.

"Benar, pembicaranya didatangkan dari Malang," kata Camat Sepaku Risman Abdul, dikonfirmasi merdeka.com, Minggu (8/9) malam.

Risman menerangkan, pembicara menyatakan terpilihnya PPU sebagai salah satu kawasan IKN, patut disyukuri. "Jangan punya pikiran pesimis. Nanti, yang datang ke sini, pegawai pemerintahan yang melayani masyarakat, dengan kualitas SDM menengah ke atas," ujar Risman.

Risman mengatakan, dia meminta masyarakat Sepaku mempersiapkan diri sejak saat ini, untuk menghadapi tantangan sebagai warga ibu kota 5-10 tahun yang akan datang.

"Dari saya, kaitannya dengan hadirnya ibu kota negara, jangan sampai masyarakat terpinggirkan, jangan cuma jadi penonton, dan jangan jadi pembantu di rumah sendiri. Itu saja," ungkap Risman.

Bicara soal transaksi jual beli lahan di Sepaku, menurut Risman, sejauh ini belum ada pelepasan hak atas tanah dari masyarakat Sepaku, yang sampai ke mejanya. "Jangan mudah transaksi soal tanah. Meski nanti kalau pasti (IKN di Sepaku), harga tanah bisa lebih tinggi dari saat ini," terang Risman.

"Kebutuhan sehari-hari, tidak mesti jual tanah. Sejak awal isu ibu kota sampai sekarang, belum ada masyarakat kita melakukan transaksi jual beli tanah, sampai ke meja Camat belum ada. Saya garisbawahi, siapkan diri, utama terkait SDM," pungkas Risman. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini