Warga Antusias Vaksinasi, Dinkes Cianjur Berharap Dapat Tambahan Vaksin Covid-19

Senin, 15 Maret 2021 04:00 Reporter : Dedi Rahmadi
Warga Antusias Vaksinasi, Dinkes Cianjur Berharap Dapat Tambahan Vaksin Covid-19 8.500 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Solo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, berharap pemerintah pusat menambah jumlah dosis vaksin setiap bulannya karena percepatan vaksinasi belum dapat dilalukan akibat terbatasnya dosis yang diterima, sehingga vaksinasi masal terpaksa dihentikan sementara.

Kepala Dinas Kesehatan Cianjur Irvan Nur Fauzy saat dihubungi di Cianjur, Minggu (14/3), mengatakan untuk vaksinasi tahap pertama dan kedua, ditargetkan 240.000 sasaran sudah divaksinasi, sehingga Cianjur membutuhkan minimal 60.000 hingga 80.000 dosis vaksin setiap bulannya.

"Target vaksinasi tahap awal tuntas di Bulan Juli, namun dosis vaksin yang diterima minimal 60.000 per bulan agar target tersebut dapat tercapai. Namun hingga Februari, Cianjur baru menerima 40.00p dosis vaksin yang sudah diberikan untuk tenaga kesehatan dan sebagian pegawai pelayan publik," katanya.

Pihaknya merinci 10.000 dosis vaksin diterima pada Januari 2021 untuk vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan dan 30.000 dosis diterima pada Februari untuk vaksinasi tahap 2 bagi pegawai pelayanan publik.

Ia menjelaskan, 30.000 dosis tahap kedua yang awalnya disediakan untuk 15.000 sasaran, namun antusias yang tinggi membuat dosis yang digunakan sudah mencapai 25.000, meski baru pemberian vaksin tahap awal untuk pegawai pelayanan publik.

"Kami terpaksa menghentikan vaksinasi massal karena harus memastikan stok aman untuk penyuntikan dosis kedua, sehingga kami berharap pemerintah pusat dapat menambah dosis vaksin sesuai dengan kebutuhan karena melihat minat warga untuk vaksinasi sangat tinggi," katanya.

Ia berharap pengajuan penambahan dosis yang sudah dilayangkan ke pemerintah pusat dapat segera terealisasi karena dikhawatirkan jika terlalu lama membuat antusias warga untuk mendapatkan vaksinasi kembali menurun.

"Harapan kami dapat segera mendapat tambahan vaksin agar target percepatan vaksinasi untuk tahap tiga atau masyarakat sudah tersedia, sehingga dapat tuntas dalam waktu dekat karena hingga saat ini, kami belum mendapat tambahan vaksin," kata Irvan. [ded]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini