Wali Nanggroe dilantik, Pemerintah Aceh siapkan dana Rp 2,4 M

Jumat, 13 Desember 2013 13:08 Reporter : Afif
Wali Nanggroe dilantik, Pemerintah Aceh siapkan dana Rp 2,4 M Demo mahasiswa tolak Wali Nanggroe. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Untuk melakukan pengukuhan Wali Nanggroe sesuai Qanun Nomor 8 tahun 2013 tentang Lembaga Wali Nanggroe, Pemerintah Aceh mempersiapkan dana sebesar Rp 2,4 miliar. Acara pengukuhan itu sendiri akan dilaksanakan Senin (16/12) pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Upacara ini sendiri juga akan mengundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan sejumlah tokoh yang terlibat dalam penandatanganan MoU di Helsinki, Finlandia.

Kepala Dinas Keuangan Aceh, Paradis mengungkapkan, meski telah menganggarkan dana tersebut, namun ia menjamin tidak akan dipakai secara keseluruhan. Sebab, Pemerintah Aceh berjanji akan menghemat seluruh pengeluaran.

"Dana sebesar itu tidak habis semua, kita akan berusaha sehemat mungkin," kata Paradis di Banda Aceh, Jumat (13/12).

Menurut Paradis, dana itu diperuntukkan untuk biaya sewa tratak, konsumsi dan biaya penyediaan makanan lainnya. Diperkirakan, lima ribu tamu undangan maupun masyarakat umum hadir dalam upacara pengukuhan yang berlangsung di DPRA.

"Setelah Malek Mahmud bersumpah, langsung dibawa ke Pendopo untuk ditepung tawari," imbuhnya.

Soal pengamanan, Humas Polda Aceh, Kombes Pol Gustav Leo siap menerjunkan 1.158 personel keamanan. dari jumlah itu terdiri dari Polisi Militer, TNI, Satpol PP dan Polisi.

"Kita kerahkan 1.158 personel pihak keamanan," ungkap Gustav.

Untuk memudahkan melakukan pengamanan, kata Gustav Leo, ruas jalan T Nyak Arif dari Simpang Lima sampai ke Simpang Jambo Tape Banda Aceh akan ditutup untuk umum. Penutupan dilakukan mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Kendati demikian, masyarakat tetap dapat melakukan aktivitasnya selama upacara pengukuhan berlangsung.

Dikatakannya, pengamanan juga dilakukan di pendopo Gubernur Aceh selama berlangsung pengukuhan. Selain itu juga ada dilakukan pengamanan secara tertutup dan terbuka di beberapa titik selama berlangsung acara tersebut.

Gustav mengaku tidak akan mempermasalahkan pengerahan satuan petugas (satgas) dari Partai Aceh (PA) untuk pengamanan. Sebab, hal itu dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pengamanan.

"Silakan saja memakai seragam Satgas bagi Satgas PA untuk mendampingi Wali Nanggroe, Malek Mahmud," tutupnya. [tyo]

Baca juga:
Sebelum akhir tahun, DPR Aceh keukeuh lantik Wali Nanggroe
Biaya pelantikan Wali Nanggroe Rp 50 M dinilai khianati rakyat

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Wali Nanggroe
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini