Wakil Jaksa Agung: Capim KPK Johanis Tanak Tak Punya Masalah di Kejaksaan

Selasa, 3 September 2019 18:06 Reporter : Sania Mashabi
Wakil Jaksa Agung: Capim KPK Johanis Tanak Tak Punya Masalah di Kejaksaan capim KPK Johanis Tanak. ©2019 Merdeka.com/fachrur rozie

Merdeka.com - Wakil Jaksa Agung Arminsyah berharap, perwakilan dari lembaganya, yakni Johanis Tanak, bisa lolos seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK). Johanis sudah masuk 10 besar. Nantinya nama-nama tersebut akan dikirim Presiden Jokowi ke DPR untuk diuji kompetensi.

Dia yakin Johanis tidak memiliki rekam jejak yang bermasalah selama berada di Kejaksaan.

"Yang kita usulkan semua tidak bermasalah. Semua, tiga-tiganya yang lolos kemarin tidak bermasalah," kata Arminsyah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Arminsyah menegaskan, selama ini Kejaksaan tidak memberikan calon yang buruk untuk menjadi pimpinan lembaga antirasuah. Karena itu, ia berharap Johanis bisa lolos seleksi.

"Urusan saya adalah kita beri nama calon yang menurut kita baik dan kita berharap, satu, karena yang masuk satu, kita harap Johanis Tanak bisa lolos seleksi berikutnya," ucapnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima 10 nama capim terpilih dari panitia seleksi KPK. Setelah menerima 10 nama, Jokowi harus mengirimkan nama-nama yang terpilih ke DPR untuk di fit and proper test. Nantinya capim yang terpilih hanya lima dari 10 capim yang diuji kelayakannya.

Berikut nama-nama capim KPK yang lulus tersebut:

1 Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata
2 Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri
3 Auditor BPK, I Nyoman Wara
4 Jaksa, Johanis Tanak
5 Advokat, Lili Pintauli Siregar
6 Dosen, Luthfi Jayadi Kurniawan
7 Hakim, Nawawi Pamolango
8 Dosen, Nurul Ghufron
9 PNS Sekretaris Kabinet, Robi Arya
10 PNS Kementerian Keuangan, Sigit Danang Joyo.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Siapa Layak Pimpin KPK? Klik disini [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Capim KPK
  2. KPK
  3. Kejaksaan Agung
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini