Waketum DMI: 65 Persen Umat Muslim Indonesia Tak Bisa Baca Alquran

Sabtu, 22 Januari 2022 12:27 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Waketum DMI: 65 Persen Umat Muslim Indonesia Tak Bisa Baca Alquran Vertikal Menpan RB Syafruddin. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin memberikan tausiah dalam kegiatan khataman Quran Juz 30 yang digelar oleh El Medina- Syeikh Ali Jaber Rahimahullah, Sabtu, (22/1) pagi.

Dalam kesempatan itu, Syafruddin mengingatkan, pentingnya berjuang untuk mengentaskan buta huruf Alquran di Indonesia. Sebab, kata Syafruddin, dalam riset yang ia lakukan, 65 persen umat Islam Indonesia tidak bisa membaca Alquran.

"Jadi kalau 223 juta itu penduduk Indonesia adalah beragama Islam. 65 Persennya, umat Islam Indonesia tidak bisa membaca Alquran dan buta secara umum," tegas Syafruddin yang hadir secara virtual. Disampaikan dalam keterangan tertulis.

Syafruddin juga mengatakan, jika dalam riset tersebut diketahui baru 35 persen umat Islam Indonesia yang bisa membaca Alquran.

"Hanya 35 persen saja, bangsa Indonesia beragama Islam yang bisa membaca Alquran," ujar Syafruddin.

2 dari 2 halaman

Atas dasar itulah, Syafruddin bersama sejumlah kelompok pemuda Islam mendirikan Yayasan Indonesia Damai Mengaji. Syafruddin saat ini menjabat sebagai Ketuanya.

"Oleh sebab itu kami dan tim kelompok pemuda Islam mendirikan foundation yang namanya Yayasan Indonesia Damai Mengaji. Saya ketuanya sedangkan Ketua dewan pembinanya Imam besar Prof Nasaruddin," imbuh Syafruddin.

Syafruddin mengungkapkan, Yayasan Indonesia Damai Mengaji telah melakukan sejumlah hal guna mengentaskan buta huruf Alquran secara umum di Indonesia.

"Setidaknya ada dua yayasan yang aktif, pertama ialah mencetak Alquran sebanyak- banyaknya," ungkap Syafruddin.

Syafruddin melanjutkan, untuk hal kedua yang dilakukan pihak yayasan ialah membuat masif rumah atau spot untuk membaca dan belajar Alquran.

"Bahkan saya 3 bulan lalu di Makassar meresmikan rumah mengaji di dalam gang sempit. Dimana muridnya adalah 150 bekas preman dan semua bertato dan semua sudah hafal juz Alqran. Jadi itulah yang kita perjuangkan," tandas Syafruddin. [rnd]

Baca juga:
Niat Sholat Sebelum Subuh atau Qobliyah, Begini Keutamaan dan Doanya
Inspiratif, Begini Kisah Warga Lapas di Sleman Khatam Al Quran 47 Kali dalam Setahun
Doa Orang Tersakiti, Ini Amalan yang Perlu Dibaca agar Menambah Pahala
Bacaan Sholawat Fatih Lengkap dengan Keutamaannya, Perlu Dipahami oleh Kaum Muslim
Salat Jumat Hukumnya Wajib untuk Laki-Laki Muslim, Pahami Tata Cara Melaksanakannya
Anak Petani Lolos jadi Bintara Polri, Punya Kemampuan Hafal 30 Juz Alquran

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini