Tuntut realisasi Permenhub, besok ribuan sopir di Bandung gelar demo

Senin, 7 Mei 2018 23:01 Reporter : Aksara Bebey
Tuntut realisasi Permenhub, besok ribuan sopir di Bandung gelar demo

Merdeka.com - Ribuan sopir angkutan umum (angkot) akan menggelar demo di empat titik di Kota Bandung pada Selasa (8/5). Hal itu dikarenakan Permenhub No 108 Tahun 2017 tentang angkutan sewa khusus berbasis Online atau pelat hitam tidak dalam trayek belum direalisasikan oleh pemerintah.

Sopir yang tergabung dalam Wadah Aliansi Aspirasi Transportasi (WAAT) Jawa Barat yang ada di Kota Bandung yang sepakat melakukan mogok massal berjumlah kurang lebih 11 ribu orang.

Ketua WAAT Jabar, Suherman mengatakan aksi unjuk rasa digelar di Wilayah Timur di Bundaran Cibiru, wilayah Barat di Bundaran Cibeureum, wilayah Tengah di Terminal Leuwipanjang, dan wilayah Utara di Ledeng.

"Kami ingin menagih realisasi Permenhub. Ada 11 ribu anggota kami yang akan ikut. Unjuk rasanya besok (Selasa) pagi," katanya saat dihubungi, Senin (7/5).

Tujuannya menuturkan aksi mogok massal ini untuk menyikapi belum terealisasinya Permenhub 108 Tahun 2017 tentang angkutan sewa khusus berbasis online atau plat hitam tidak dalam trayek.

Adapun poin tuntutan di antaranya mengenai kuota angkutan berbasis aplikasi yang beroperasi di Jabar. Selain itu, angkutan berbasis aplikasi harus berbadan hukum hingga uji kelaikan kendaraan seperti angkutan umum lainnya.

"Tuntutan kami sederhana sekali. Hanya meminta pemerintah merealisasikan setiap poin-poin yang ada di Permenhub 108 Tahun 2017," tutur dia.

Terkait kemungkinan adanya gangguan atus lalu lintas, Suherman memastikan semua akan berjalan tertib.

Dia menginstruksikan kepada para pengunjuk rasa tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat. Ditambah, mogok operasional ini dilakukan di pool masing-masing.

"Tidak dilakukan dengan memarkirkan kendaraan di pinggir jalan," pungkasnya. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini