Tiga Hal Penting Diketahui Jemaah Jelang Puncak Haji di Armuzna

Sabtu, 2 Juli 2022 20:29 Reporter : Lia Harahap
Tiga Hal Penting Diketahui Jemaah Jelang Puncak Haji di Armuzna Jemaah haji wukuf di Padang Arafah. ©REUTERS/Ahmed Jadallah

Merdeka.com - Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah pada 30 Juni lalu. Dengan begitu, tanggal 9 Dzulhijjah atau waktu wukuf di Arafah akan jatuh pada tanggal 8 Juni 2022, bertepatan hari Jumat.

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Kemenkes, dr Budi Sylvana memberikan pesan untuk jemaah agar lebih siap menghadapi Armuzna. Apalagi cuaca panas ekstrem diperkirakan masih terjadi saat puncak haji.

Budi mengingatkan jemaah agar menjaga stamina agar tak kelelahan. Apalagi yang memiliki penyakit komorbid.

"Untuk jemaah tetap kita sarankan hindari kelelahan berlebihan, karena kalau kelelahan berlebihan komorbid akan timbul," imbau Budi kepada tim Media Center Haji (MCH) 2022 di KKHI Makkah.

Jemaah juga diminta tetap mengonsumsi banyak air. Hal itu penting untuk mencegah dehidrasi. "Cuaca panas tetap minum jangan tunggu haus," katanya.

2 dari 2 halaman

Tak kalah penting, Budi meminta jemaah benar-benar fokus beristirahat H-3 jelang prosesi ibadah di Armuzna. Apalagi, pada tanggal 4 Juli atau 5 Dzulhijjah, bus shalawat yang mengantarkan jemaah dari penginapan ke Masjidil Haram .

"H-3 Perbanyak istirahat di hotel masing-masing agar kesehatan pulih siap melaksanakan prosesi ibadah di Armuzna," tutup Budi.

Seperti diketahui, KKHI terus melakukan screening ulang pada jemaah haji yang memiliki risiko tinggi. Data per 1 Juli 2022, jemaah yang akam disafariwukufkan mencapai 204 orang.

Baca juga:
Ribuan Jemaah Haji Mulai Padati Masjidil Haram
Kisah Gubernur Khofifah: 2013 Daftar Haji Bareng Suami, 2022 Berangkat cuma sama Anak
Jemaah Haji Tak Perlu Khawatir, Selama Armuzna akan Tetap Dapat Katering
Kemenag Ajak Jemaah Beri Saran Terkait Layanan Haji Secara Daring, Ini Caranya
Satu Hari Jelang Closing Date, 87.718 Jemaah Haji RI Tiba di Tanah Suci

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini