Telkom tingkatkan kapasitas jaringan di pesta ngunduh mantu Bobby-Kahiyang

Kamis, 23 November 2017 02:03 Reporter : Yan Muhardiansyah
Telkom tingkatkan kapasitas jaringan di pesta ngunduh mantu Bobby-Kahiyang Bobby Kahiyang di Medan. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Berbagai instansi terus memberikan dukungan untuk menyukseskan acara ngunduh mantu Muhammad Bobby Afif Nasution - Kahiyang Ayu. TelkomGroup menyiapkan sejumlah perangkat sekaligus meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengatasi lonjalan trafik pada saat kegiatan pada 24-26 November 2017.

Executive Vice President Telkom Regional 1 Sumatera, S Susatyo, mengatakan dukungan TelkomGroup ini diberikan untuk seluruh tamu pesta dan awak media. Di media center disiapkan infrastruktur jaringan Astinet 300 Mbps dilengkapi 2 titik hotspot lndiHome berkecepatan masing-masing 100 Mbps.

Sementara untuk menunjang kegiatan pengamanan, TelkomGroup juga menyiapkan sarana di Posko Utama Perhubungan Kodam (Hubdam) l Bukit Barisan. Fasilitas itu berupa Astinet 10 Mbps, lndiHome 10 Mbps, Metro untuk CCTV dengan kapasitas 44 Mbps dan 24 Mbps. "Serta enam access point dengan kecepatan masing-masing 100 Mbps," kata Susatyo.

TelkomGroup juga menyiagakan petugas di posko khusus. Mereka mengawal operasional layanan selama 24 jam.

Sementara Telkomsel juga turut melakukan pengawalan infrastruktur untuk mendukung kebutuhan komunikasi selular pelanggan dan masyarakat di kawaan itu. Mereka mengoptimalkan dan meningkatkan kapasitas jaringan di sana.

"Untuk menjaga agar pelanggan dapat terus berkomunikasi dengan nyaman dan menikmati kualitas terbaik, maka Telkomsel menambah kapasitas jaringan, khususnya untuk menjaga kualitas layanan data," ucap General Manager ICT Operation Region Sumbagut, Yogi Rizkian Bahar.

Tingginya penggunaan layanan data itu ditengarai akibat aktivitas sosial media serta penggunaan aplikasi pesan instan yang dikirim maupun diterima para tamu undangan dan masyarakat.

Yogi mengatakan, saat ini saja telah terjadi peningkatan trafik telekomunikasi seluler mencapai 20 persen dibanding hari biasa.

"Hari ini kita sudah mendata adanya peningkatan hingga 20 persen trafik telekomunikasi dari seluler baik voice maupun layanan data," katanya.

Dia menambahkan, peningkatan trafik telekomunikasi diperkirakan akan terus terjadi hingga puncak pesta pada 26 November 2017 mendatang. Berbagai langkah disiapkan untuk mencegah terjadinya gangguan jaringan akibat tingginya traffick itu.

"Kita sudah menempatkan Compact Mobile Base Station (COMBAT)2G/3G/4G di main hall, penambahan BTS dan peningkatan kapasitas BTS 4G yang mampu menamung lonjaan trafik hingga 360 persen," ujarnya.

Lebih dari 2.000 tamu diperkirakan akan hadir pada pesta adat dan resepsi umum ngunduh mantu Bobby-Kahiyang yang digelar di Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah, Medan, 24-26 November 2017.

Bukan hanya tamu, masyarakat juga diprediksi bakal meramaikan lokasi. Apalagi akan ada acara kirab di sana. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini