Tekan Hama Tanaman, Masyarakat Kediri Lepas Satwa Predator

Senin, 29 Juni 2020 03:39 Reporter : Imam Mubarok
Tekan Hama Tanaman, Masyarakat Kediri Lepas Satwa Predator Masyarakat Kediri Lepas Satwa Predator. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Puluhan warga dari berbagai komunitas di Kabupaten Kediri melepaskan seratusan hewan predator ke alam bebas, Minggu (28/6). Langkah ini dilakukan untuk membasmi hama tanaman secara alami.

Tak hanya mengembalikan keseimbangan ekosistem lingkungan, aksi tersebut juga bertujuan menciptakan kampung satwa yang dapat mendatangkan wisatawan serta sarana edukasi bagi generasi muda.

Pelepasan satwa ini diinisiasi warga Desa Mlati, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri yang tergabung dalam komunitas peduli lingkungan dan satwa asli atau kopling. Aksi tersebut dilatarbelakangi adanya serangan hama tanaman yang mengakibatkan penurunan produktivitas pertanian.

Masyarakat Desa Mlati yang 80 persen menggantungkan hidup pada sektor pertanian tidak dapat menikmati panen karena serangan hama. Melalui pengendalian secara alami tersebut diharapkan menekan biaya pembelian insektisida dan meningkatan kualitas pertanian yang dihasilkan.

masyarakat kediri lepas satwa predator

Adapun jenis satwa yang dilepaskan berupa aneka burung pemangsa serangga, musang, biawak serta ular sebagai musuh tikus.

"Ratusan ekor hewan predator yang dikumpulkan secara swadaya ini diharapkan mampu mengembalikan kerusakan ekosistem, akibat perburuan liar. Masyarakat juga memasang papan pengumuman larangan berburu di sejumlah sudut desa dan melibatkan diri dalam aksi penjagaan satwa,” kata Imam Saifudin /Ketua Kopling Desa Mlati.

Pelepasan satwa ini juga melibatkan lintas komunitas dan pejabat pemerintahan desa setempat. Aksi semacam ini akan dilakukan secara rutin dilakukan untuk menciptakan sebuah kampung satwa yang mampu mengundang wisatawan untuk datang. Untuk itu warga berharap adanya kepedulian instansi terkait untuk menambah keragaman jenis satwa yang nantinya bisa menjadi sarana edukasi bagi generasi penerus. [noe]

Baca juga:
Kerap Memangsa Hewan Ternak, Warga Tangkap Macan Tutul Gunung Sawal
Nasib Burung Maleo di Tengah Pandemi, Hewan Endemik yang Kini Dijaga Ketat Petugas
Petugas BKSDA Lepas Harimau Sumatera ke Hutan Aceh
Habitat Dirusak, Orangutan Masuk ke Permukiman Warga Kotawaringin Timur
Penjual Lutung Jawa dan Kancil di Banten Ditangkap Usai Dipancing Polwan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Satwa Indonesia
  3. Pertanian
  4. Kediri
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini