Menyapa Indonesia

Taman Flora, wisata murah meriah di Kota Pahlawan

Jumat, 3 April 2015 12:03 Reporter : Moch. Andriansyah
Taman Flora, wisata murah meriah di Kota Pahlawan Taman Flora di Surabaya. ©2015 Merdeka.com/Moch Andriansyah

Merdeka.com - Taman Flora, salah satu wisata murah meriah di Surabaya, Jawa Timur. Tiap hari taman ini, tak pernah sepi pengunjung, baik dalam kota maupun luar kota, apalagi di hari libur. Maklum, pengunjung yang ingin menikmati suasana alam hijau di Taman Flora, tidak dipungut biaya alias gratis.

Tak beda jauh dengan Jakarta, Kota Pahlawan ini juga dicemari polusi dan suara bising mesin kendaraan yang terus bertambah setiap harinya. Sehingga fungsi paru-paru kota sangat dibutuhkan. Kehadiran taman-taman kota, seperti Taman Flora, memberi suasana berbeda di Surabaya.

Di Taman Flora, sebenarnya tak beda jauh dengan Taman Bungkul, karena sama-sama menyuguhkan kesejukan dari hijaunya tumbuhan berbagai jenis. Ada juga fasilitas bermain bagi anak-anak serta sentra kuliner dengan harga terjangkau.

Seperti Taman Bungkul di Jalan Raya Darmo itu, Taman Flora juga sudah sangat akrab di telinga warga Surabaya dan sekitarnya. Taman yang ada di daerah Bratang atau Jalan Manyar 80 A ini, juga merupakan tempat rekreasi alternatif bagi yang berkantong tipis.

Untuk bisa menikmati keasrian dan hijau tumbuhan di taman yang dulunya bernama Kebun Bibit Surabaya ini, pengunjung tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Tidak heran jika pada hari libur, tempat ini seperti lautan manusia.

Fasilitas di taman yang diresmikan Bambang Dwi Hartono saat masih menjabat wali kota pada Tahun 2007 itu, juga terdapat Taman Toga UKS yang diresmikan pada November 2012 oleh Wali Kota Tri Rismaharini.

Selain Taman Toga UKS ada beberapa titik yang menjadi daya tarik yaitu area outbound anak-anak, kolam ikan, kolam air mancur, arena bermain anak-anak, kandang rusa, sangkar burung raksasa, taman baca, area internet, dan balai pertunjukan.

Untuk arena bermain, anak-anak bisa bermain ayunan, papan seluncur, jungkat-jungkit dan lain sebagainya. Anak-anak juga bisa mencoba serunya area outbound seperti two line bridge, three line bridge, cargo net, dan elfice bridge. Bagi yang senang membaca, bisa menimba ilmu di taman baca atau internet yang ada di Taman Flora.

Taman Flora dilengkapi dengan musala dan toilet, juga terdapat kran air yang dapat digunakan untuk cuci tangan atau lainnya.

"Berkunjung di sini (Taman Flora), selain sebagai wahana belajar anak-anak bisa menghargai lingkungan dan melihat berbagai jenis tanaman, juga ada sarana bermain, outbound untuk melatih keberanian," kata salah satu pengunjung, Suroso yang datang bersama anak dan istrinya, Kamis (2/4).

Tak hanya itu, masih kata Suroso, di Taman Flora terdapat papan peringatan agar pengunjung tetap menjaga keasrian lingkungan sekitar.

"Dan yang paling penting, ada papan peduli hak anak, yang melarang pacaran di Taman Flora. Karena di sini menjadi sarana bermain dan belajar bagi anak-anak. Jadi imbauan ini sangat penting," katanya.

Di Taman Flora juga terdapat Sentra Kuliner RMI, yang harganya terjangkau dengan saku pengunjung. Tempat ini menjadi area nongkrong anak muda penikmat kopi. Meski harga bahan bakar minyak (BBM) naik turun, harga segelas kopi hangat cukup murah meriah, hanya Rp 2.500.

Sekadar tahu, di Surabaya, selain Taman Bungkul dan Taman Flora, juga terdapat banyak taman, seperti Taman Apsari, Taman Lansia, Taman Kunang-kunang, Taman Prestasi, Taman Persahabatan dan beberapa taman lainnya. [efd]

Baca juga:
Melihat keindahan Pantai Lhok Mee di Banda Aceh

Ini lima oleh-oleh murah meriah khas Bogor

Mendengar kicau ribuan burung di Rawa Cemara Asri

Pesona air terjun tujuh tingkat di Bukit Kuta Malaka

Taman Putroe Phang, saksi sejarah kebesaran Kerajaan Aceh

Pesona Pulau Bunta di Aceh yang eksotis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini