Tak Dapat Izin, Massa Persaudaraan Alumni 212 di Solo Pindah ke Gedung Umat Islam

Kamis, 2 Desember 2021 15:29 Reporter : Arie Sunaryo
Tak Dapat Izin, Massa Persaudaraan Alumni 212 di Solo Pindah ke Gedung Umat Islam Massa Persaudaraan Alumni 212 di Solo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Setelah tak mendapatkan izin dari Polresta Surakarta, massa Persaudaraan Alumni 212 memindahkan acara reuni ke Gedung Umat Islam, Jalan Kartopuran 241 A Kelurahan Jayengan, Serengan. Massa berdatangan dari berbagai penjuru Solo Raya selepas salat Duhur, Kamis (2/12).

Koordinator Kegiatan Lapangan Edi Lukito mengatakan, pemindahan lokasi reuni dari Plaza Manahan ke Kartopuran dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Selain tak mendapatkan izin dari aparat keamanan juga karena pertimbangan protokol kesehatan atau prokes, karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Kegiatan kami alihkan ke Gedung Umat Islam di Serengan, Kota Surakarta dengan beberapa pertimbangan. Selain karena polisi tidak memberikan izin, alasan lain yang menjadi pertimbangan diantaranya penerapan protokol kesehatan dan musim hujan," ujar Edi.

Jika tetap di Manahan dan terjadi hujan, Edi khawatir akan berdampak negatif bagi kesehatan peserta, khususnya anak-anak dan ibu-ibu.

"Kami bisa memaklumi dengan keputusan kepolisian yang tidak memberikan izin. Tadi kita sempat diskusi panjang untuk meyakinkan pada Umat Islam terkait dengan pemindahan lokasi kegiatan reuni 212," jelasnya.

Kapolresta Surakarta Kombes Ade Safri Simajuntak mengakui jika pihaknya tak memberikan perizinan untuk kegiatan 212 di Plaza Manahan. Namun untuk acara yang sama di Gedung Umat Islam, diperbolehkan.

"Kita berikan izin di gedung. Kami telah sepakat untuk menjaga dan memelihara ketertiban di Kota Surakarta," terangnya.

Ia mengimbau agar semua pihak bisa menahan diri dan saling menghargai.

"Tidak ada yang namanya egois, kita sama-sama harus waspada agar angka covid di Kota Surakarta menurun,"tandasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ribuan orang berada di sekitar Gedung Umat Islam Kartopuran. Pengamanan ketat dilakukan oleh aparat di setiap pintu masuk kampung Kartopuran. [eko]

Baca juga:
Gibran Pantau Aksi 212 di Plaza Manahan
Polisi Halau 500 Peserta Reuni 212 yang Ingin Menuju Kawasan Patung Kuda Monas
Massa Reuni 212 Dibubarkan Polisi, Jalan MH Thamrin-KH Wahid Hasyim Lengang
Barikade Kawat Berduri Dipasang untuk Cegah Kerumunan Massa Reuni 212
Polisi Tegaskan Pidanakan Massa Nekat Gelar Reuni 212 di Patung Kuda
Aparat Polisi Bubarkan Massa Reuni 212
Imbas Reuni 212, Penumpang 12 KA ini Bisa Naik di Stasiun Jatinegara

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini