Survei Indikator: 74,3% Publik Percaya Jaksa Tuntut Ferdy Sambo dengan Sanksi Berat

Minggu, 27 November 2022 17:58 Reporter : Merdeka
Survei Indikator: 74,3% Publik Percaya Jaksa Tuntut Ferdy Sambo dengan Sanksi Berat Sidang Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pengusutan dan persidangan kasus dugaan pembunuhan Brigadir J, melibatkan mantan Kadiv Propram Polri Irjen Ferdy Sambo dan kolega menyita perhatian publik.

Dari hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia, mayoritas masyarakat percaya jaksa penuntut umum (JPU) yang ditugaskan Kejaksaan akan menuntut Sambo Cs dengan hukuman maksimal.

"Mayoritas dari yang tahu kasus Sambo, percaya bahwa jaksa penuntut di pengadilan akan menuntut hukuman seberat-beratnya," kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk Kinerja Lembaga Penegak Hukum di Mata Publik dan Penanganan Kasus-Kasus Besar secara virtual, Minggu (27/11).

Survei dilakukan dalam rentang 30 Oktober sampai 5 November 2022, melibatkan 1.220 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

2 dari 2 halaman

Burhanuddin menjelaskan, mereka yang percaya Jaksa akan menuntut dengan sanksi maksimal mencapai 74,3 persen. Angka tersebut merupakan mayoritas, termasuk menandakan tingginya tingkat kepercayaan publik atas kerja Kejaksaan era Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Dari 74,3 persen, Burhanuddin merinci, 60,9 persen di antaranya masuk dalam kelompok yang cukup percaya. Sementara 13,4 persen sisanya masuk dalam kategori sangat percaya.

Pada temuan lain, mayoritas masyarakat juga percaya hakim yang memimpin jalannya persidangan akan menjatuhkan hukuman yang setimpal kepada Sambo.

"Selain kepada Jaksa, mayoritas juga percaya hakim di pengadilan akan menjatuhkan hukuman yang setimpal pada Ferdy Sambo," jelas Burhanuddin.

Baca juga:
Survei Indikator: Kepercayaan pada Polri Naik 60,5 Persen
Pengamat Ragu Ada Motif Balas Dendam Ferdy Sambo di Balik Kasus Tambang Ismail Bolong
Nyanyian Sambo dan Hendra soal Ismail Bolong Bikin Kapolri Turun Tangan
Penjelasan PPATK soal Beredar Video Duit Brigadir J Rp100 T Dibekukan
Ferdy Sambo Buka Suara Petinggi Polri Terlibat Tambang Ilegal, Bukti Perang Bintang?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini