Sidang Praperadilan Setnov jilid II ditarget selesai pekan depan

Kamis, 7 Desember 2017 12:51 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Praperadilan Setnov jilid II di PN Jaksel. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kusno, hakim tunggal sidang praperadilan yang diajukan tersangka kasus megakorupsi proyek e-KTP Setya Novanto memutuskan persidangan dilanjutkan Jumat (8/12). Sidang akan mengagendakan jawaban dari pihak termohon yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hakim Kusno memberi batas waktu rampungnya praperadilan maksimal kamis (14/12). Dia berharap praperadilan berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

"Sekali lagi kalau ini bertele-tele, hari Kamis sah putus, hari Jumat paling lambat," ujar hakim Kusno pada persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/12).

Hakim Kusno membeberkan, sidang Jumat (8/12) akan mengagendakan jawaban dari termohon. Hakim juga mempersilakan KPK dan pihak pemohon memaparkan bukti yang dimiliki. Pada sidang Senin (11/12), hakim mengagendakan pemohon membawa saksi-saksi. Sedangkan sidang pada Selasa (12/12) dan Rabu (13/12), hakim mempersilakan pihak termohon yakni KPK menyertakan bukti dan saksi. Pada sidang Kamis (14/12), hakim akan memberi kesimpulan.

Hakim Kusno juga meminta agar tim biro hukum KPK maupun tim kuasa hukum Setya Novanto tidak membawa bukti yang terlalu banyak. Supaya praperadilan tersebut dapat rampung dalam waktu 6 hari.

"Dalam perkara praperadilan tidak harus semua bukti pokok diajukan. Yang terpenting itu apakah sudah 2 alat bukti yang cukup atau tidak, jangan kita dikasih bukti 2 meter, kita kapan bacanya," imbuh Kusno.

Kepala Biro Hukum KPK, Setiadi meminta hakim Kusno akan menyiapkan jawaban dari pernyataan tim kuasa hukum Setya Novanto selaku pemohon.

"Kami meminta waktu untuk menjawab permohonan tersebut besok," kata Setiadi. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.