Seorang pelawak Srimulat divonis 6 bulan penjara karena menipu

Selasa, 17 Mei 2016 21:25 Reporter : Masfiatur Rochma
Seorang pelawak Srimulat divonis 6 bulan penjara karena menipu Pelawak Srimulat lakukan penipuan. ©2016 Merdeka.com/Masfiatur Rochma

Merdeka.com - Seorang pelawak Srimulat, Eko Untoro Kurniawan alias Eko Tralala, terbukti bersalah menipu. Dia divonis enam bulan penjara oleh hakim di Pengadilan Negeri Surabaya.

"Menetapkan, memutuskan terdakwa terbukti melanggar pasal 378 KUHP. Maka dengan ini, terdakwa Eko Untoro Kurniawan dihukum enam bulan penjara," kata Ketua Majelis Hakim, Musa Arif Aini, Selasa (17/5).

Putusan hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Surabaya. Sebab, jaksa menuntut Eko Tralala dibui satu tahun.

Menurut hakim, Eko mengakui perbuatannya itu salah. Namun yang memberatkannya, karena dari penipuan dilakukan Eko menyebabkan korbannya mengalami kerugian.

Kuasa hukum Eko Tralala, Budi Sampoerna, mengaku akan memikirkan mengenai putusan tersebut.

"Nanti akan saya bicarakan pada pihak keluarga dan terdakwa, apakah mengajukan banding atau tidak. Jadi ini masih kita pikirkan. Kami minta waktu 7 hari untuk pikir-pikir. Jadi kami butuh waktu saja," kata Budi Sampoerna.

Kasus melilit Eko berawal pada Oktober 2013 lalu. Soebijono Hadiwidjojo meminta tolong kepada Eko buat mengurus surat kepemilikan gedung milik Ong Hwa Zhu, yang sebelumnya sudah dibeli korban sesuai dengan akta nomor 30276 tentang jual beli.

Dalam hal itu, keduanya sudah membikin kesepakatan. Namun, Eko minta uang sebesar Rp 500 juta kepada Soebijono sebagai tanda jasa pengurusan.

Meski begitu, saat ditagih oleh Soebijono, ternyata Eko tidak bisa mengurus surat-surat itu. Korban, akhirnya melapor ke Polrestabes Surabaya dan kasus itu diusut hingga masuk pengadilan. [ary]

Baca juga:
Gara-gara bikin SK palsu, Jokowi ditangkap polisi
Anggota BIN gadungan mau main proyek, pas depan Dandim tak berkutik

Warga di Depok geruduk kantor koperasi diduga bodong

Para jomblo diminta hati-hati penipuan bermodus ajakan nikah

Ini cara OJK agar masyarakat tak tergiur investasi bodong

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini