Selama Menjalani Perawatan di RSPAD, Setnov Dititipkan ke Lapas Cipinang

Kamis, 26 Desember 2019 22:34 Reporter : Aksara Bebey
Selama Menjalani Perawatan di RSPAD, Setnov Dititipkan ke Lapas Cipinang Setya Novanto jalani pemeriksaan KPK. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Setya Novanto akan menjalani pemantauan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Selama masa pemulihan, mantan ketua Golkar itu untuk sementara akan mendekam di Lapas Cipinang.

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Abdul Aris mengatakan pemindahan Setnov dari Lapas Sukamiskin menuju Lapas Cipinang dilakukan pada Kamis (26/12/2019).

Kondisi kesehatan terpidana kasus korupsi itu terganggu di bagian pernapasan. Berdasarkan rekomendasi dokter Lapas Sukamiskin, ia harus dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto di Jakarta. "(Setya Novanto) dititipkan di Lapas Cipinang, jadi tidak permanen, hanya sementara," kata Abdul Aris.

Disinggung mengenai berapa lama Setya Novanto menjalani perawatan, Abdul menyebut semua bergantung pada rekomendasi dokter. Jika sudah dinyatakan sudah pulih, maka Setya Novanto akan langsung dibawa kembali ke Lapas Sukamiskin.

"Kalau dua hari (sudah bisa pulang) ya dua hari (dititip di Lapas Cipinang). Kalau lebih ya lebih, tergantung hasil pemeriksaan kesehatannya," ujar dia.

Untuk diketahui, sejak Setya Novanto menghuni Lapas Sukamiskin pada 4 Mei 2018, hingga bulan Juni 2019 ia tercatat sudah dirujuk sebanyak 22 kali ke rumah sakit di luar Lapas.

Rinciannya, rujukan ke RSPAD Gatot Subroto empat kali, RS Boromeus tiga kali, RS Hasan Sadikin tiga kali dan selebihnya adalah RS Santosa. Riwayat penyakitnya adalah penyakit jantung koroner, penyakit syaraf tulang belakang kejepit, penyakit diabetes dengan komplikasinya dan adanya vertigo. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini