Sejumlah Menteri dan Pejabat Melayat ke Rumah Duka Ibunda Jokowi

Kamis, 26 Maret 2020 12:40 Reporter : Arie Sunaryo
Sejumlah Menteri dan Pejabat Melayat ke Rumah Duka Ibunda Jokowi Pejabat melayat di rumah duka ibu Jokowi. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Kerja tampak melayat ke rumah duka ibunda Presiden Joko Widodo, almarhum Sujiatmi Notomiharjo, di Jalan Plered Raya, No 9A, Sumber, Banjarsari Solo, Kamis (26/3). Selain menteri, sejumlah pejabat daerah juga nampak hadir.

Pantauan merdeka.com, sejumlah menteri yang hadir di antaranya Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN, Erick Thohir, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dan lainnya. Sementara itu sejumlah pimpinan daerah yang yang hadir di antaranya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kepada wartawan, Luhut menilai almarhumah sebagai figur yang patut dicontoh oleh kaum ibu. Menurutnya, Sujiatmi merupakan sosok yang sederhana. Dari zaman Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga Presiden RI tidak berubah.

"Beliau sosok yang sederhana, figur yang patut untuk dicontoh untuk ibu-ibu sekarang," katanya.

Luhut mengaku kenal dengan Sujiatmi sejak Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Luhut juga melihat Sujiatmi sebagai seorang yang religius, rajin berpuasa dan menghadiri pengajian-pengajian.

"Tadi Presiden cerita meskipun sudah sakit empat tahun masih mengunjungi sampai 8 spot per hari," jelasnya.

pejabat melayat di rumah duka ibu jokowi

1 dari 1 halaman

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan di rumah duka sebagian besar pelayat membacakan surah Yasin. Ia mengaku bertemu dengan beberapa putri almarhumah Sujiatmi.

"Alhamdulillah bisa bertemu dengan beberapa putri beliau. Saya tanya apa wasiat sebelum beliau wafat. Putrinya menjawab, sebelum meninggal almarhumah selesai melaksanakan Salat Zuhur sekitar pukul 14.00 WIB. Beliau menanyakan kepada anaknya apakah sudah masuk waktu Salat Ashar," katanya.

Selain itu, kata Khofifah, keluarga juga berkumpul dan bahkan sempat foto bersama dengan almarhumah sebelum akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Solo.

"Saya tanya lagi apa wasiatnya beliau. Yang pertama adalah beliau sampaikan putra-putri beliau melanjutkan silaturahim dengan teman-teman almarhumah. Kemudian yang kedua beliau pesan supaya kalau ada sisa rejeki beliau untuk diwakafkan di masjid," ungkap Khofifah.

Khofifah mengaku mengenal Sujiatmi sebelum Jokowi menjadi presiden. Menurut Khofifah, almarhum tidak pernah melewatkan Salat wajib berjemaah di masjid.

"Almarhumah semasa hidup rajin menghadiri kegiatan pengajian yang diselenggarakan oleh muslimat NU dan Aisyiyah. Artinya, almarhumah merupakan sosok pengayom bagi semua umat," pungkas dia.

Menurut rencana almarhum akan dimakamkan siang ini di pemakaman keluarga Mundu Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. [lia]

Baca juga:
Kisah Sudjiatmi Notomiharjo Semasa Hidup, Perempuan Tangguh yang Pernah Jualan Bambu
Kang Emil: Semoga Pak Jokowi dan Keluarga Diberi Ketabahan dan Kekuatan
Mengenal Sosok Ibunda Jokowi Sudjiatmi Notomiharjo, Perempuan Desa yang Bersahaja
Jokowi Minta Rakyat Doakan Ibundanya dari Rumah Masing-masing
Jokowi Larang Menteri Takziyah ke Rumah Ibundanya di Solo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini