Satgas Covid-19: Data GISAID Ada 1.875 Kasus Omicron di Indonesia per 28 Januari 2022

Sabtu, 29 Januari 2022 12:44 Reporter : Yunita Amalia
Satgas Covid-19: Data GISAID Ada 1.875 Kasus Omicron di Indonesia per 28 Januari 2022 Ilustrasi Omicron. Antara

Merdeka.com - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry Harmadi menyampaikan bahwa data dari Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) menunjukan konfirmasi kasus B.1.1.529 atau dikenal dengan varian Omicron di Indonesia, berjumlah 1.875.

"Kalau data dari GISAID kemarin menunjukan 1.857 kasus Omicron," kata Sonny dalam diskusi dengan tema Menahan Gelombang Omicron, Sabtu (29/1).

Kendati demikian, Sonny mengatakan, bahwa asumsi saat ini penularan virus di Indonesia didominasi oleh Omicron. Asumsi ini ditandai dengan karakteristik orang-orang yang terinfeksi Omicron cenderung tanpa gejala (asimtomatik), dan gejala ringan.

Hal terpenting dari kondisi ini menurut Sonny, bahwa masyarakat tidak abai terhadap Omicron dengan gejala ringannya. Sebab, mutasi virus dari Sars Cov-2, akan terus terjadi. Untuk itu, ia mengingatkan agar masyarakat tidak mengabaikan potensi varian virus lainnya, dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kita tidak perlu terlalu bedakan Omicron atau varian lainnya, karena Omicron bagian dari Sars Cov-2 yang menyebabkan Covid-19," katanya.

Selain itu, dia juga mengutarakan bahwa peningkatan kasus Covid-19 tidak semata-mata dilihat akibat dampak libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau kasus impor. Faktanya, ujar Sonny, saat ini mayoritas penularan Covid berasal dari transmisi lokal.

"Ini kombinasi lah antara protokol kesehatan yang turun, imported case, atau lainnya karena saat kasus landai kadang masyarakat abai, di Desember juga masyarakat banyak melakukan liburan ke luar negeri," jelasnya. [rhm]

Baca juga:
PERSI Ungkap Penyebab Pasien Covid-19 Gejala Ringan Minta Dirawat di RS
Crowd Free Night Nanti Malam, Ini Ruas Jalan di DKI Dijaga Polisi
Kemenkes Klaim Pengendalian Covid-19 di Indonesia Dibanding 5 Negara Ini
Catat, Nanti Malam Polda Metro Berlakukan Crowd Free Night di Kawasan Ini
Keterisian Tempat Tidur RS Rujukan Covid-19 di Jakarta Naik Jadi 54% dan ICU 18%

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini