Sabu Buat Umar Kei Diselundupkan Ke Rutan Narkotika Polda Metro

Minggu, 6 Oktober 2019 16:37 Reporter : Merdeka
Sabu Buat Umar Kei Diselundupkan Ke Rutan Narkotika Polda Metro Umar Kei. ©2019 Merdeka.com/Ronald

Merdeka.com - Ketua Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) Umar Ohoitenan alias Umar Kei kedapatan menyelundupkan sabu ke Rutan Narkotika Polda Metro Jaya. Kasus itu terungkap pada Sabtu 28 September 2019 lalu.

"Modus operandi yang dilakukan tersangka untuk memasukan sabu ke dalam rutan dengan menyembunyikan sabu di dalam roti kaleng biskuit," tutur Kasubdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Ahmad Fanani menyampaikan, dalam keterangannya, Minggu (6/10).

Fanani menyebut, awalnya petugas menerima informasi bahwa akan ada upaya penyelundupan sabu ke Rutan Narkotika Polda Metro Jaya. Penyelidikan membawa penyidik ke wilayah Cengkareng, Jakarta Barat.

"Anggota melakukan pembuntutan dari wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, menuju parkiran rutan PMJ," jelas dia.

Hasilnya, petugas menangkap pria bernama Muhammad Hasan. Selain memasukkan sabu seberat 21,47 gram ke dalam kaleng biskuit, dia juga menyembunyikan empat buat cangklong ke dalam tiga botol air mineral.

"Berdasarkan interogasi tersangka, bahwa sabu tersebut merupakan pesanan Umar Kei dan Ersa melalui perantara Ahmad Yasin alias Elang dan Novel. Mereka ini sedang menjalani penahanan di Rutan Narkotika PMJ," Fanani menandaskan.

Sebelumnya, Penyidik Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya menangkap Umar Kei di salah satu hotel di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Senin 12 Agustus 2019.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menjelaskan, penyidik mengamankan sejumlah barang bukti lima paket sabu dalam penangkapan itu.

Selain itu, disita juga sepucuk pistol jenis Revolver

"Kami temukan satu senjata Revolver," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, Rabu (14/8).

Atas perbuatannya itu, Umar kei terancam pasal 112, 114 dan 132 UU No 35 Tahun 2009 juncto UU Darurat.

Reporter: Nanda Perdana [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini