Saat Beraksi Terekam CCTV, Pembobol Kotak Infak Masjid Ditembak

Kamis, 7 Januari 2021 15:02 Reporter : Yan Muhardiansyah
Saat Beraksi Terekam CCTV, Pembobol Kotak Infak Masjid Ditembak Pembobol Kotak Infak Masjid di Medan. ©2021 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Pencurian kotak infak di Masjid Al Amin, Jalan Bilal, Medan, terekam CCTV. Pelaku diidentifikasi dan ditangkap petugas kepolisian. Pelaku yang ditangkap berinisial IHH (34), warga Jalan Rahmat, PIK, Menteng Raya, Medan Denai.

"Pelaku terpaksa dilumpuhkan karena melakukan perlawanan," kata Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin, Kamis (7/1).

Dia memaparkan, pembobolan kotak infak ini terjadi pada Kamis (31/12/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. Pencurian itu diketahui dua petugas kebersihan masjid yang melihat gagang kunci kotak infak sudah rusak. Padahal kotak yang diletakkan di teras masjid itu sudah dua pekan tidak dibuka.

Setelah CCTV diperiksa, terlihat pencurian yang dilakukan seorang pria. Pelaku mengenakan kemeja polo dengan motif garis abu-abu, kuning, dan hitam. Dia datang mengendarai sepeda motor Kawasaki Ninja Warrior.

Kejadian ini pun langsung dilaporkan ke Polsek Medan Timur. Penyelidikan pun dilakukan. Petugas berhasil mengidentifikasi IHH. Dia kemudian diringkus di kediamannya, Rabu (6/1) sore.

"Setelah kita interogasi, tersangka merupakan residivis pencurian kotak infak di salah satu masjid di daerah Deli Tua pada 2015. Ketika itu dia dihukum 1 tahun 6 bulan," jelas Arifin.

Petugas kemudian melakukan pengembangan untuk mengumpulkan barang bukti lainnya, seperti sepeda motor yang digunakan dalam aksi pencurian itu.

"Tersangka mengelabui petugas dengan berpura pura mau buang air besar, sehingga petugas membuka borgol. Saat itu juga tersangka melawan petugas dengan berusaha merampas senjata api milik petugas, namun petugas kita yang lain langsung melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki tersangka," beber Arifin. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pencurian
  3. Medan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini