Ridwan Kamil Imbau Kepala Daerah Salat Id di Rumah, Tunda Kegiatan Silaturahmi

Selasa, 11 Mei 2021 22:50 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil Imbau Kepala Daerah Salat Id di Rumah, Tunda Kegiatan Silaturahmi Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta kepala daerah untuk melaksanakan Salat Idulfitri secara terbatas. Jelang lebaran dia menegaskan acara yang mengundang kerumunan seperti takbir keliling akan dirazia pihak kepolisian.

Permintaan Ridwan Kamil sudah disepakati oleh para kepala daerah melalui rapat virtual pada Selasa (11/5). Ridwan Kamil sendiri berencana Salat Idulfitri di masjid di kawasan rumah dinas di Kota Bandung.

"Presiden yang memutuskan tidak salat tidak Istiqlal tapi di Istana Bogor. Saya pun mengimbau agar kepala daerah juga sama melaksanakan ibadah di kediaman masing-masing," kata dia.

Selain melaksanakan proses ibadah terbatas, pria yang akrab disapa Emil ini mengimbau untuk menunda agenda silaturahmi atau ziarah kubur. Tujuannya, menekan potensi penyebaran Covid-19.

Menurut dia, dalam aktivitas silaturahmi, ada potensi protokol kesehatan terabaikan. Padahal, status pandemi masih berlaku meski ada vaksin maupun sumber daya untuk mengatasi Covid-19 sudah ada.

"Antar tetangga saling mengunjungi, ngobrol, makan, buka masker, itu potensi besar sekali. Kita tidak anjurkan dan kita larang. Ziarah kubur dibolehkan setelah tanggal 16. Jadi sebelum (tanggal 16) itu, kuburan akan ditutup," kata dia.

Selain itu, kesepakatan antara dirinya dan kepala daerah adalah melarang takbir keliling. Kegiatan takbir masih bisa dilakukan secara terbatas di masjid dengan protokol kesehatan yang ketat atau secara virtual.

"Malam takbiran tidak boleh ada takbir keliling. Itu akan dirazia oleh polisi. Tapi takbiran silakan dilakukan di masjid atau musala dengan kapasitas 10 persen dan menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Baca Selanjutnya: Wisata di Zona Merah dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini