PSBB Kabupaten Bogor Diperpanjang 14 Hari, Tempat Ibadah hingga Hotel Boleh Buka

Kamis, 4 Juni 2020 14:55 Reporter : Rasyid Ali
PSBB Kabupaten Bogor Diperpanjang 14 Hari, Tempat Ibadah hingga Hotel Boleh Buka Ilustrasi PSBB. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bogor, kembali diperpanjang hingga 14 hari ke depan, terhitung sejak Jumat (5/6). Dalam perpanjangan ini, tempat ibadah, restoran hingga hotel dan wisata non-air, diperbolehkan untuk buka.

Jubir Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Syarifah Sofiah menjelaskan, perpanjangan ini disebut PSBB proporsional, sehingga disesuaikan dengan kondisi setiap wilayah.

"Proporsional artinya status pergerakan masyarakat disesuaikan dengan daerah atau per wilayah. Nah, dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, akan dibuat klasifikasi rendah, sedang dan tinggi berdasarkan penyebaran kasus positif, PDP, ODP dan tingkat risikonya," kata Syarifah, Kamis (4/6).

Kata dia, Pemkab Bogor memiliki kewenangan penuh untuk melakukan pembatasan sesuai proporsional wilayah. Menurutnya, saat ini zona hijau hanya berada di Kecamatan Tenjo, Parungpanjang dan Tanjungsari.

"Pada zona hijau tidak ada pembatasan. Tapi, kecamatan yang beririsan dengan zona hijau dilakukan pengetatan pengawasan," katanya.

Dia mengungkapkan, dalam PSBB proporsional aktivitas pergerakan ekonomi penunjang seperti hotel, restoran dan wisata non-air diizinkan beroperasi, termasuk tempat ibadah.

Syarifah pun mengingatkan agar pemilik usaha memperhatikan standar protokol kesehatan, menjaga jarak dan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas.

"Misalnya hotel boleh buka tapi kolam renangnya tidak boleh. Demikian juga dengan wisata air, non-alam atau spa tidak boleh buka. Kami khawatir ada penularan melalui air," katanya. [ded]

Baca juga:
Mal Jakarta Dibuka 15 Juni, Tingkat Kunjungan Tak Langsung Pulih 100 Persen
Antrean Warga Serbu Layanan SIM Keliling di Masjid At-Tin Jakarta Timur
Polda Jabar Putar Balik 118.852 Kendaraan Selama PSBB dan Arus Mudik
DKI Masa Transisi, Ibu Hamil, Balita & Lansia Dilarang Datangi RPTRA
Anies Perpanjang PSBB Jakarta, Juni Jadi Masa Transisi
Pembukaan Mal Jakarta 15 Juni Jadi Angin Segar Bagi Pengusaha dan Pekerja

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini