Presiden mantu, Bandara Adi Soemarmo siap tampung pesawat carter dan ekstra

Senin, 9 Oktober 2017 23:33 Reporter : Arie Sunaryo
Presiden mantu, Bandara Adi Soemarmo siap tampung pesawat carter dan ekstra Ilustrasi bandara. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/potowizard

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar resepsi pernikahan putri semata wayangnya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada 8 November 2017 mendatang. Ratusan tamu penting dari dalam maupun luar negeri diperkirakan akan menghadiri undangan mantan Wali Kota Solo itu.

PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo ikut sibuk menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan. Pasalnya direncanakan seluruh penerbangan akan dipusatkan di Solo.

Tak hanya menyiapkan parkir pesawat kepresidenan, PT Angkasa Pura I juga harus menyiapkan tempat parkir khusus untuk pesawat carter. Selain itu jalur khusus untuk penerbangan tamu-tamu Jokowi dari berbagai kalangan, seperti para menteri, anggota dewan, politikus, pimpinan negara dan lainnya.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usmam memperkirakan akan ada sekitar 30 pesawat carter tamu Jokowi yang akan parkir di Adi Soemarmo. Jumlah tersebut naik dibanding saat mantu putra sulung Gibran Rakabuming 2 tahun lalu.

"Dulu pas mantu Mas Gibran, ada 26 pesawat carter dan 4 narrow body yang parkir di Bandara Adi Soemarmo. Karena ini mantu putri, pasti tamunya lebih banyak. Apalagi mempelai prianya dari luar Solo, dari Medan. Pasti akan banyak penerbangan ke Solo," ujar Usman kepada wartawan di Solo, Senin (9/10) malam.

Usman memperkirakan akan ada sekitar 30 pesawat carter yang parkir di Bandara Adi Soemarmo. Selain pesawat carter juga ada sejumlah maskapai yang mengajukan ekstra flight dan mengganti pesawat dengan wide body.

Kendati demikian, Usman mengaku belum melakukan persiapan khusus. "Mereka rata-rata landing sore dan balik jam 11 malam. Yang pasti kita siap untuk menyambut tamu pak Jokowi," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini