Polri: Kasihan rakyat dicekoki informasi yang provokatif & menyesatkan

Jumat, 2 Maret 2018 18:19 Reporter : Syifa Hanifah
Polri: Kasihan rakyat dicekoki informasi yang provokatif & menyesatkan Brigjen Pol Mohammad Iqbal. ©2018 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan pihaknya akan berupaya menangkap dalang dari akun perorangan atau kelompok yang menyebarkan informasi atau berita hoaks, salah satunya dari kelompok Muslim Cyber Army (MCA).

Kata dia, Polri bertugas menegakkan hukum sekaligus juga melakukan pencegahan agar tidak ada lagi kelompok-kelompok atau orang perorang yang menyebar berita bohong. Jika kelompok ini dibiarkan bisa menyebabkan Indonesia terpecah belah.

"Yang harus digarisbawahi adalah Polri benar-benar melakukan penegakan hukum murni terhadap perbuatan yang melawan hukum, begitu ya, kasihan masyarakat, rakyat dicekoki oleh informasi-informasi yang salah, yang provokatif, yang menyesatkan, begitu kan," katanya di gedung Dewan Pers, Jakarta, Jumat (2/3).

Terlebih, tahun ini adalah tahun politik, maka dari itu Polri melalui Direktorat Cyber Polri terus melakukan tindakan-tindakan pencegahan. Hal ini guna memberikan berita-berita yang menyejukkan. Untuk terus melakukan patroli, namun untuk menangkap atau menentukan tersangka tidak asal menangkap semua perlu proses dan prosedur penyelidikan yang lengkap.

"Bila pemilik akun kita bisa identifikasi bahwa yang bersangkutan hanya main-main dan tidak masif, bila tidak ada sesuatu yang harus kita dalami kita tidak melakukan penegakan hukum, persuasif maksimal tetapi yang sudah ditetapkan tersangka oleh teman-teman direktorat cyber Polri jelas, alat bukti cukup, masif, konten-konten sengaja," jelasnya.

Namun untuk mencegah berita bohong, Polri tidak bisa sendiri, Polri tetap harus bekerjasama dengan semua pihak termasuk dengan masyarakat.

"Polri komit untuk menjaga keamanan, tetapi tolong dicatat. Di tahun politik ini Polri tidak bisa bekerja sendiri. Kami menggandeng semua, kami bisa back-up teman-teman TNI, seluruh komponen masyarakat dan media menyampaikan pesan yang sejuk," tuturnya. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini