Polisi gerebek pabrik tahu mengandung borak di Bogor

Kamis, 1 Juni 2017 02:29 Reporter : Radeva Pragia Bempah.
Polisi gerebek pabrik tahu mengandung borak di Bogor Polisi gerebek pabrik tahu mengandung borak di Bogor. ©2017 Merdeka.com/Radeva Pragia

Merdeka.com - Kepolisian Sektor Cigudeg menggerebek sebuah pabrik tahu yang diduga mengandung bahan pengawet berbahaya borak di Kampung Cinere, Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Rabu (31/5).

Kasat Reskrim Polsek Cigudeg Ajun Komisaris Asep Saepudin mengatakan, pabrik tersebut sudah beroperasi selama 2,5 tahun. Penggerebekan ini merupakan hasil pengembangan dari sidak gabungan di Pasar Cigudeg beberapa waktu lalu.

Di lokasi pabrik tahu itu, dia menambahkan, pihaknya mengamankan pemilik pabrik berinisial SP (50) dengan barang bukti 7 kuintal kedelai siap giling, satu karung borak dan 12 kotak berisi tahu.

"Dari hasil pemeriksaan sementara, tahu-tahu tersebut dijual ke Pasar Leuwiliang, Pasar Cigudeg, Cibungbulang, dan sekitarnya," kata Asep di Bogor, Rabu (31/5).

Setiap harinya, Asep menambahkan, pelaku dapat mengolah 7 kuintal kedelai dicampur 2 kilogram borak dan menghasilkan ratusan tahu. Nantinya, tahu-tahu tersebut akan dibawa ke badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dites uji laboratorium.

"Pemiliknya kami amankan di Mapolsek Cigudeg diperiksa lebih lanjut. Kami terus kembangkan kasus ini," jelasnya.

Jika terbukti bersalah, SP akan dijerat dengan Pasal 136 huruf b jo Pasal 75 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun atau denda Rp 10 miliar. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Boraks
  2. Bogor
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini