Polisi Gerebek Pabrik Miras Beromzet Rp40 Juta Perbulan di Sidoarjo

Selasa, 10 September 2019 20:30 Reporter : Erwin Yohanes
Polisi Gerebek Pabrik Miras Beromzet Rp40 Juta Perbulan di Sidoarjo Pabrik Miras di Sidoarjo. ©2019 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo berhasil menangkap dua orang warga Tegal, Jawa Tengah atas kasus pembuatan minuman keras (Miras) jenis arak, di Sidoarjo. Sebelum tertangkap, keduanya diketahui memproduksi skala besar untuk memasok kebutuhan di Surabaya dan Sidoarjo.

Kedua tersangka itu diantaranya, Novi Setiawan (36) dan Puji Medianto (28). Keduanya diketahui memproduksi miras itu sejak Februari 2019 lalu. Arak di buat di dalam sebuah rumah di Desa Sumorame, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Zain Dwi Nugroho mengatakan, hasil pembuatan miras jenis arak tersebut, dipasarkan oleh tersangka di kawasan Sidoarjo dan Surabaya.

"Sebagai bahan baku yang digunakan tersangka, ada gula pasir, ragi (Fernipan), dan air," katanya di Mapolresta Sidoarjo, Selasa (10/9).

Dalam proses pemasarannya, dia mengungkapkan, miras yang sudah siap edar dikemas dalam botol plastik berukuran 1,5 liter. Setiap satu botol dibanderol seharga Rp 20 ribu.

"Keuntungan yang mereka peroleh, bisa mencapai Rp40 juta, per bulan," jelasnya.

Atas perbuatan tersangka, akan diancam dengan pasal 204 ayat (1) dan pasal 62 jo pasal 8 ayat (1), tentang perlindungan konsumen. Dan pasal 140 jo pasal 86 ayat (2) tentang pangan dan pasal 142 Jo Pasal 91 ayat (1) UU No. 2 tahun 2010 tentang Pangan dengan hukuman maksimal 15 tahun dan denda Rp 4 miliar.

Terkait dengan hal ini, petugas juga menyita barang bukti berupa, puluhan drum, botol plastik, puluhan tabung LPG, ratusan kardus, mesin penyedot dan penyuling beserta filter. Serta bahan baku pembuatan arak, seperti gula pasir, dan ragi.

Selain itu, juga ada ratusan kardus berisi arak siap edar, 20 buah drum berisi baceman, sekitar seribu kilogram gula pasir dalam 20 kemasan karung sak. 2 kardus ragi, 20 plastik berisi botol kosong, 4 drum berisi limbah cair hasil dari proses penyulingan arak. 27 tabung LPG ukuran 3 Kg dalam keadaan kosong dan isi. Serta 1 mesin penyedot dan 1 mesin penyuling serta 12 mesin filter. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Razia Miras
  2. Miras
  3. Sidoarjo
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini