Polisi Cek Video Viral Kertas Bertuliskan Bahasa Arab Jadi Bahan Pembuatan Petasan

Minggu, 12 September 2021 14:30 Reporter : Kirom
Polisi Cek Video Viral Kertas Bertuliskan Bahasa Arab Jadi Bahan Pembuatan Petasan Ilustrasi media sosial. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Warga Parung Serab, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, dihebohkan serpihan kertas bertuliskan bahasa Arab, diduga mirip lembaran Alquran. Kertas digunakan sebagai bahan pembuatan petasan. Serpihan itu diketahui setelah warga menyalakan petasan sebagai tanda pesta pernikahan warga.

Informasi itu beredar dalam potongan video di akun media sosial instagram @info_ciledug. "Petasan hajatan diduga terbuat dari sobekan Alquran ditemukan warga Parung Serab Ciledug. Hal tersebut diketahui ketika salah seorang warga menggelar acara pernikahan pada Sabtu (11/9/2021) sore sekitar pukul 16.00 WIB," tulis akun instagram tersebut dikutip Minggu (12/9).

Saat serpihan bekas petasan itu hendak dibersihkan, warga dan keluarga penyelenggara pesta pernikahan mendapati sobekan kertas huruf arab.

"Pihak keluarga dan warga yang berada di lokasi mengaku tidak mengetahui bahwa petasan itu, terbuat dari sobekan Alquran. Kini temuan tersebut telah dilaporkan warga ke aparat setempat untuk diselidiki lebih lanjut," tulis akun instagram tersebut.

Kabag Humas Polres Metro Tangerang, Kompol Abdul Rachim mengaku akan memeriksa kebenaran informasti itu. "Nanti saya cek," terang Abdul Rachim.

Lurah Parung Serab, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Ahmad Tri Buana membenarkan adanya penemuan kertas bertuliskan huruf Arab, pada paket petasan yang dinyalakan sebagai tanda acara akad nikah warganya.

"Benar, itu acara pernikahan anak dari warga saya, Pak Herman Geboy. Ada kertas - kertas bertuliskan tulisan Arab. Entah itu Juz Ama atau Alquran itu dari petasan yang dinyalakan saat pak Herman selesai menikahkan anaknya," jelas Ahmad Tri Buana Lurah Parung Serab , dikonfirmasi, Minggu (12/9).

Dari informasi yang dia dapat, tuan rumah acara pernikahan tidak tahu menahu bahwa petasan yang dinyalakan dibuat dari bahan baku kertas bertuliskan huruf Arab.

Menurut Tri, menyalakan petasan pada acara - acara tertentu adalah tradisi bagi warga di kawasan Parung Serab. Kebiasaan itu untuk memberitahukan warga akan adanya pesta pernikahan atau sunatan di kampung.

Lurah menuturkan, pihak berwajib telah mendatangi lokasi pembelian petasan di Kebon Manggis, Kelurahan Pondok Kacang Timur.

"Tadi katanya sudah didatangi petugas juga yang menjual. Dia juga hanya menju, pembuatnya engga tahu dari mana," jelas Ahmad Tri Buana. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Petasan
  3. Video Viral
  4. VIRAL
  5. Tangerang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini