PN Depok Jatuhi Tiga Kurir 258 Kg Sabu dengan Hukuman Mati

Senin, 13 September 2021 21:42 Reporter : Nur Fauziah
PN Depok Jatuhi Tiga Kurir 258 Kg Sabu dengan Hukuman Mati Ilustrasi hukum. Ilustrasi ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Depok menjatuhkan hukuman mati terhadap tiga terdakwa kurir 258 kilogram sabu-sabu. Ketiga terdakwa yang dijatuhi maksimal itu yakni Junaidi alias Edi Bin Solihin, Zulkarnain alias Ijul Bin Jumali, dan Eko Saputra alias Eko Bin Kammarudin.

Putusan hukuman mati terhadap para terdakwa dijatuhkan majelis hakim PN Depok, Senin (13/9). Sidang putusan digelar secara online.

Majelis hakim menyatakan ketiga terdakwa terbukti secara sah dam meyakinkan bersalah melakukan percobaan atau pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman beratnya melebihi 5 gram.

Vonis terhadap ketiganya ini sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). "Iya (vonis hukuman mati). Sama dengan tuntutan JPU (Jaksa Penuntut Umum) yakni hukuman mati. Yang divonis tiga orang," kata Humas Pengadilan Negeri Kota Depok, Ahmad Fadil, Senin (13/9).

Terhadap putusan tersebut, terdakwa mengaku masih pikir-pikir. "Mereka pikir-pikir selama tujuh hari, begitu juga dengan JPU, pikir-pikir tujuh hari," sebut Ahmad Fadil.

Terpisah, kuasa hukum para terdakwa, Taty Wahyuni Oesman berpendapat, putusan yang diberikan terlalu berat. Menurutnya, ketiga terdakwa hanyalah kurir dan bukan bandar. "Dalam perjalanan mereka tidak menerima upah yang besar, mereka (terdakwa) baru sebatas masih dijanjikan oleh orang yang menyuruhnya," jelas Taty.

Atas putusan itu, dia menyarankan agar para terdakwa mengajukan banding. "Ini kan putusan masih bingung menyatakan sikap seperti apa. Nah kami menyarankan pikir-pikir dulu. Besok kami akan sampaikan kepada mereka untuk menyampaikan sikap banding," katanya.

Ketiga terdakwa ditangkap jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Depok di di parkiran RS Awal Bros, Jalan Jenderal Sudirman, Tengkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau, pada Februari 2021.

Dari tangan Junaidi, Eko dan Zulkarnaen disita barang bukti 258 kilogram sabu-sabu. Penangkapan ini bermula dari pengembangan kasus seorang terdakwa bernama Edi yang diamankan di Kota Padang dengan barang bukti 44 kilogram sabu-sabu. Dari hasil dua penangkapan itu barang bukti yang diamankan sebanyak 302 kilogram sabu-sabu. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini