Petugas Medis dan Pasien RS Darurat Corona Dibuatkan Grup whatsApp untuk Komunikasi

Jumat, 27 Maret 2020 12:27 Reporter : Merdeka
Petugas Medis dan Pasien RS Darurat Corona Dibuatkan Grup whatsApp untuk Komunikasi RS Darurat Penanganan Covid 19 Wisma Atlet. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Dansatgas Kesehatan RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Brigjen Agung Hermawanto menuturkan, untuk mempermudah komunikasi, pihaknya membuatkan grup di aplikasi percakapan WhatsApp antara pasien dengan perawat yang menjaga.

"Kami bikin grup dengan pasien dan perawat, jadi di (ruangan) perawat ada komputer dan tablet. Jadi ada grup masing-masing lantai, sehingga komunikasi antara pasien dan perawat bisa dari grup," ujar Agung di RS Darurat Wisma Atlet, Jumat (27/3).

Agung menyebut, nantinya pasien akan melaporkan soal kondisi kesehatannya kepada perawat melalui aplikasi grup perpesanan tersebut. Namun bisa juga pasien langsung melapor kepada perawat terkait kondisinya.

"Bisa juga pasien langsung (lapor ke perawat), karena pasien di sini mandiri, bisa datang sendiri ke ruangan perawat," kata dia.

Agung mengatakan, setiap dua jam sekali perawat akan aktif di dalam grup WhatsApp untuk bertanya tentang kondisi kesehatan pasien. Jika pasien ada yang mengeluh, maka perawat dengan sigap akan meminta dokter jaga untuk mengecek kesehatan pasien.

"Setiap dua jam perawat kami akan melakukan di dalam grup tersebut. Nantinya perawat akan menghubungi dokter jaga," kata dia.

Dia juga menyebut di setiap lantai terdapat 34 ruangan. 32 ruangan diperuntukan untuk pasien, satu ruangan untuk tempat pemeriksaan, dan satu ruangan lainnya untuk perawat yang berjaga selama 24 jam.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini