Pernyataan Lengkap Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Ruang Terbuka

Selasa, 17 Mei 2022 18:07 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Pernyataan Lengkap Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Ruang Terbuka Presiden Joko Widodo. YouTube @Sekretariat Presiden ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan sejumlah pelonggaran aturan terkait Covid-19. Kebijakan pelonggaran ini dikeluarkan karena pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali.

Jokowi mengumumkan hal itu dalam tayangan konferensi pers di Istana Bogor melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5).

Jokowi mengizinkan masyarakat tidak menggunakan masker ketika sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang. Namun, pelonggaran copot masker itu tidak berlaku bagi masyarakat kategori rentan seperti lansia atau memiliki penyakit komorbid.

Bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek juga tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

2 dari 2 halaman

Berikut Pernyataan Lengkap Jokowi

Bapak Ibu dan saudara-saudara sekalian, dengan memperhatikan kondisi saat ini di mana Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali maka perlu saya menyampaikan beberapa hal.

Yang pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.

Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan naskah bagi masyarakat yang masuk kategori rentan lansia atau memiliki penyakit komorbid maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

Yang kedua bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab pcr maupun antigen.

Baca juga:
Jokowi Bakal Jadi Wali Pernikahan Sang Adik dengan Ketua MK Anwar Usman
Presiden UAE Wafat, Ini Momen Jokowi Sampaikan Belasungkawa & Peluk Mohamed bin Zayed
Jokowi akan Bertemu Joe Biden hingga Hadiri Pertemuan Kongres Amerika Serikat
Jokowi Santap Malam Bersama Joe Biden di Gedung Putih
Jokowi Harap Para CEO dari AS Bangun Kerja Sama Konkret di G20
Hadiri KTT ASEAN-AS, Presiden Jokowi Serukan Setop Perang di Ukraina
Melihat Keakraban Jokowi dan Elon Musk, Saling Tawa dan Santai

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini