Perjalanan Hidup BJ Habibie Hingga Sukses Meniti Karier

Rabu, 11 September 2019 18:54 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Perjalanan Hidup BJ Habibie Hingga Sukses Meniti Karier BJ Habibie. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie atau biasa disapa BJ Habibie tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu (11/9). Masa muda BJ Habibie diwarnai dengan sejumlah prestasi. Bahkan pengalaman hidupnya bisa menjadi acuan bagi masyarakat Indonesia.

Berikut perjalanan hidup BJ Habibie, hingga menjadi seorang panutan bagi masyarakat Indonesia:

1 dari 6 halaman

Kuliah di Bandung

BJ Habibie pernah kuliah S1 Keilmuan Teknik Mesin di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) pada tahun 1954.

Semasa berkuliah di Bandung, Habibie membayangkan ingin berkuliah di luar negeri. Ia juga sempat putus asa dan berpikir keinginannya tak terwujud.

2 dari 6 halaman

Kuliah di Jerman

BJ Habibie mengaku dapat mengecap bangku kuliah di luar negeri, tepatnya di kampus Rheinisch-Westflische Technische Hochschule Aachen, Jerman, tanpa beasiswa dari negara maupun swasta.

"Saya tidak pernah mendapatkan beasiswa, bukan karena saya bodoh. Saya belajar di luar negeri tidak pakai beasiswa," ujar Habibie.

"Saya cerita begini bukan mau pamer, tapi saya dan Anda (penerima beasiswa) tidak ada bedanya. Saya beruntung belajar di bidang yang saya sukai dan tekuni walaupun saat kuliah tidak makan, jalan kaki," ucap Habibie.

3 dari 6 halaman

Berhasil Membuat Pesawat

Dari prestasinya yang gemilang, akhirnya Habibie berhasil membuat pesawat. Pesawat itu bernama N-250 gatot Kaca. Ya, ambisi Habibie hanya satu, membuat pesawat terbang sebagai moda transportasi yang akan menghubungkan satu daerah dengan daerah lain di Indonesia.

"Tidak pernah saya mimpi jadi menteri, wapres, tidak nyampe. Saya hanya kehendaki membuat pesawat terbang bukan pesawat tempur untuk membawa masyarakat ke seluruh Indonesia. Pesawatnya bukan dibiayai dari utang, tapi dari keringat rakyat yang ingin membangunnya," ucap dia.

4 dari 6 halaman

Menetap di Jerman untuk Membuat Pesawat

Karena ambisinya membuat pesawat, Habibie sampai menetap di hamburg, jerman dan bekerja di perusahaan Messerschmitt-Blkow-Blohm yang memproduksi helikopter. Selama bekerja di sana, Habibie melakukan serangkaian riset mengenai pesawat.

Atas karyanya itu, Habibie mendapat penghargaan dari berbagai institusi di beberapa negara, seperti Jerman, Malaysia, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Prancis dan Swedia. Bahkan pemerintah Jerman memberikan hak istimewa untuk Habibie, berupa berupa bebas visa dan kebebasan izin tinggal.

5 dari 6 halaman

Menjadi Orang Kepercayaan Soeharto

Karena prestasinya ini, Presiden RI ke-2 Soeharto akhirnya memberikan kepercayaan pada Habibie. Tahun 1978, Soeharto mengangkat Habibie sebagai menteri Negara Riset dan teknologi. Ia memegang jabatan tersebut hingga 1997.

Selama menjadi menteri, Habibie mencetuskan membuat pesawat nasional oleh PT Dirgantara Indonesia. Pesawat inilah yang bernama N-250 Gatot Kaca. Pesawat tersebut kemudian dipertunjukkan pada tahun 1995.

6 dari 6 halaman

Jadi Wakil Presiden

BJ Habibie juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden periode 1998-2003. Saat itu ia mendampingi Soeharto. Namun saat itu, Indonesia mengalami krisis moneter dan gelombang protes mahasiswa. Alhasil Soeharto yang menjabat sebagai presiden saat itu, mengundurkan diri dari jabatannya pada 21 Mei 1998.

usai Soeharto mengundurkan diri, Habibie langsung menggantikan jabatan Soeharto dan diambil sumpahnya di Istana Negara, Jakarta.

Habibie menjabat sebagai presiden sejak 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Selama pemerintahannya itu, Habibie banyak mengeluarkan beberapa kebijakan yang mengubah pandangan pemerintahan dan politik negara, seperti membebaskan tahanan politik, membebaskan pendirian partai politik, dan membatasi masa pemerintahan presiden hanya 2 periode. [dan]

Baca juga:
Mengenang Kerja Keras Habibie Bangun Industri Penerbangan Nasional
AHY: Pak Habibie Kembali Bersama Istri Tercinta Ibu Ainun
Jokowi: BJ Habibie Negarawan yang Patut Dijadikan Contoh dan Teladan
BJ Habibie Wafat, Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam
Jenazah BJ Habibie akan Dibawa ke Rumah Duka di Patra Kuningan
Anak BJ Habibie: Ayah Saya Meninggal Dunia Pukul 18.05 WIB

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini