Perahu Motor Karam di Labuan Bajo, 17 Penumpang Diselamatkan

Rabu, 30 November 2022 08:00 Reporter : Ananias Petrus
Perahu Motor Karam di Labuan Bajo, 17 Penumpang Diselamatkan Petugas mengevakuasi penumpang kapal yang karam di Manggarai Barat. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Satu unit perahu motor karam di perairan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (29/11). Seluruh anak buah kapal dan penumpang yang berjumlah 17 orang berhasil selamat dan telah dievakuasi.

Para korban dievakuasi tim SAR gabungan yang terdiri dari Ditpolair Polda NTT, Lanal, Syahbandar dan Basarnas. "Korban berhasil diselamatkan, tidak ada korban jiwa," ujar Kasatpolair Polres Manggarai Barat Iptu Wayan Merta, Rabu (30/11).

Perahu motor itu membawa 17 orang penumpang dari Labuan Bajo ke Pulau Papagarang dan karam di depan pantai Nanga Nipa, Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo. "Kapal motor milik Rasid yang mengangkut 17 orang itu karam, disebabkan karena mengalami kebocoran dan pompa air yang tidak berfungsi," kata Wayan Merta.

Berkat kerja sama dan koordinasi yang baik serta gerak cepat tim SAR gabungan, semua penumpang berhasil diselamatkan menggunakan satu unit Sea Rider AL 400 PK milik Lanal Labuan Bajo, dan satu unit RIB milik Basarnas Labuan Bajo.

Informasi terjadinya peristiwa itu awalnya diperoleh dari Bhabinkamtibmas Desa Papagarang, Bripka Muslim sekira pukul 13.20 Wita. Dia ikut menumpangi kapal tersebut.

Setelah mendapatkan informasi, tim SAR gabungan sebanyak 16 personel langsung turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi. "Korban seluruhnya sudah berhasil kita evakuasi dan diantar menggunakan dua unit speed boat ke Pulau Papagarang," jelas Wayan.

2 dari 2 halaman

Pompa Tidak Berfungsi

Kronologi kejadian disebutkan, sekitar pukul 13.00 Wita kapal penumpang atau ojek milik Rasid dikemudikan Dandi, namun saat berangkat dari Labuan Bajo Kapal Motor itu dikemudikan Baktiar.

Kurang lebih dua mil dari Dermaga Labuan Bajo, tiba-tiba kapal berat dan berasap.
Dandi memeriksa di kamar mesin. Dia terkejut air laut sudah penuh di bagian kamar mesin. Ternyata pompa air pembuangan tidak berfungsi dengan baik disertai kapal bocor di bagian belakang.

"Selanjutnya Dandi menginformasikan ke penumpang bahwa air laut sudah masuk di bagian mesin, mendengar hal itu, para penumpang panik dan masing-masing langsung mengambil life jaket untuk keselamatan diri," tutup Wayan. [yan]

Baca juga:
Penjelasan Pimpinan DPR Terkait Belum Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima Yudo Margono
Jokowi Ungkap Alasan Pilih Kasal Yudo Margono jadi Calon Panglima TNI
Catatan Ketua Komisi I Soal Rekam Jejak Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini