Penjelasan Ilmiah Satgas Covid-19 Tentang Sons of Omicron

Kamis, 27 Januari 2022 20:40 Reporter : Supriatin
Penjelasan Ilmiah Satgas Covid-19 Tentang Sons of Omicron Ilustrasi virus Omicron. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Di tengah merebaknya Covid-19 varian Omicron, muncul sub varian Omicron yang disebut Son of Omicron. Turunan varian ini sudah dilaporkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan susunan genetik Omicron dikategorisasi menjadi tiga, yakni B.1.1.529, BA.1, BA.2, dan BA.3. Dari tiga sub varian ini, satu di antaranya menjadi perhatian yakni BA.2.

"Khusus Omicron BA.2 tengah menjadi perhatian karena memiliki mutasi yang bisa menyebabkan perbedaan hasil PCR," katanya dalam konferensi pers, Kamis (27/1).

Menurut Wiku, sub varian Omicron lainnya mengalami mutasi berupa hilangnya susunan tertentu pada gen S. Kondisi ini mengakibatkan munculnya deteksi pada gen lain. Namun, gen S tidak terdeteksi atau SGTF pada tes PCR.

"Namun pada Omicron BA.2, susunan ini tidak hilang sehingga PCR tidak memunculkan hasil SGTF atau hasilnya sama dengan varian lain yang bukan Omicron. Padahal BA.2 salah satu jenis Omicron," jelasnya.

Wiku mengatakan penelitian terhadap karakteristik turunan Omicron membutuhkan waktu. Terutama, jika menganalisis dampak varian tersebut secara epidemiologi.

"Termasuk keempat jenis varian Omicron ini masih proses penelitian dan belum ada laporan lanjutan dari WHO," ucapnya. [rhm]

Baca juga:
Penyebaran Omicron di RI: Mulai dari Jakarta ke Jabar, Banten hingga Bali
Enam Warga Kepri Terpapar Omicron Tanpa Gejala
Menkes: Pasien Covid-19 Dirawat di RS Kalau Butuh Oksigen
Imbas Kasus Omicron, Anggota DPR Minta Isolasi Terpusat di DKI Dilipatgandakan
Menkes Budi Tanggapi Desakan Evaluasi PTM 100 Persen saat Omicron Naik
Penjelasan Menkes soal BOR Isolasi RS Jakarta Capai 45 Persen
Menkes: 3 Pasien Omicron Meninggal Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini