Pengusaha Bali Minta PPKM Dikaji Ulang, Luhut Sebut Pilih Ada Aturan atau Tidak

Kamis, 25 November 2021 15:52 Reporter : Moh. Kadafi
Pengusaha Bali Minta PPKM Dikaji Ulang, Luhut Sebut Pilih Ada Aturan atau Tidak Luhut di Polda Metro Jaya. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menjelaskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), merupakan upaya pemerintah dalam melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19.

"Sekarang kamu itu, ada sedikit dibikin aturan tapi aman atau kamu tidak usah ada aturan tapi sakit. Pilih mana? Yaudahlah. Pemerintah itu pasti dalam konteks melindungi rakyatnya. Jadi, kalau tidak ada aturan bebas merdeka, bebas merdeka juga itu sakit, kena kamu," kata Luhut di Kabupaten Badung, Bali, Kamis (25/11).

Tuntutan agar kebijakan PPKM Level 3 dikaji ulang berasal dari pengelola pariwisata di Bali. Kadek Niti selaku Kepala Divisi Promosi dan Pengembangan obyek wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, menyampaikan PPKM Level 3 untuk dikaji ulang.

"Kami menghormati setiap kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi. Akan tetapi, harapan kami khususnya di pariwisata agar bisa dikaji kembali karena baru saja pariwisata menggeliat. Apalagi, harapannya di akhir tahun ini untuk kunjungan wisatawan. Tentunya, harapan kami kebijakannya tidak terlalu memberatkan dunia pariwisata," kata Niti saat dikonfirmasi, Selasa (23/11).

Sementara itu, Luhut memastikan pemerintah akan memberikan izin bagi perjalanan luar negeri atau wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali tanpa karantina, tetapi menunggu situasi pandemi Covid-19 di luar negeri membaik.

"Iya, pelan-pelanlah semua harus dilihat. Kita tidak mau, seperti Eropa, terus buka naik lagi, tutup lagi. Kita tidak mau. Pasti dong (tanpa karantina kalau situasi membaik), masak kita mau karantina sepanjang masa," terangnya.

Dia meminta masyarakat dan pelaku pariwisata di Bali untuk bersabar karena belum adanya penerbangan internasional yang datang ke Pulau Dewata.

"Iya sabar dululah. Tadi Bapak Gubernur sudah tanya, sekarang ini kita tambah mulai besok penerbangan tujuh flight lagi. Jadi sehingga bisa tambah 4.500 penumpang per hari lagi," imbuhnya.

Terkait soal karantina tiga hari bagi wisatawan mancanegara (Wisman) tetap berjalan dan tetap untuk dilakukan karantina. Sementara, untuk perjalanan dalam negeri tidak perlu dilakukan karantina. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini