Pengungsi Korban Tsunami Mulai Resah Tunggu Kepastian Kondisi GAK

Selasa, 1 Januari 2019 12:32 Reporter : Henny Rachma Sari
Pengungsi Korban Tsunami Mulai Resah Tunggu Kepastian Kondisi GAK Tinggi Gunung Anak Krakatau Menyusut. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Warga Dusun III Kenali, Desa Sukaraja, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan mulai gelisah menunggu kepastian kondisi Gunung Anak Krakatau (GAK). Mereka kini mengungsi di kawasan perbukitan.

"Kami masyarakat di sini masih menunggu kepastian keadaan GAK itu sudah tidak apa-apa, sehingga bisa kembali ke rumah," kata Kepala Dusun III Kenali, Desa Sukaraja, Sanuri, saat dihubungi di Lampung Selatan, Selasa (1/1).

Kegelisahan warga, lanjut Saburi, lantaran bingung kapan mulai bisa bekerja seperti biasa.

"Beberapa hari lalu ada informasi bahwa masih akan terjadi potensi tsunami susulan, sedangkan menurut pandangan kami saat ini GAK sudah aman dan normal kembali," katanya.

Jika terus berada diketidakpastian informasi, warga yang sudah pulang terpaksa kembali mengungsi kembali.

Dia menyatakan, permukiman warga Sukaraja memang tidak terlalu parah terkena dampak tsunami Selat Sunda tersebut, namun ketakutan akan terjadi tsunami susulan membuat semua warga memilih lebih baik mengungsi.

"Kami kan mempunyai pekerjaan masing-masing, bila mengungsi terus tidak bisa masyarakat di sini mencari nafkah," ujar Sanuri.

"Beberapa hari lalu ada informasi bahwa masih akan terjadi potensi tsunami susulan, sedangkan menurut pandangan kami saat ini GAK sudah aman dan normal kembali," katanya, seperti diberitakan Antara.

Ia berharap pemerintah dan badan/lembaga terkait bisa memastikan kapan masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing dan menjalani kehidupan seperti biasanya. [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini