Pengendara Diminta Korlantas Polri Tak Buang Sampah Sembarangan Cegah Banjir

Rabu, 15 Januari 2020 21:43 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Pengendara Diminta Korlantas Polri Tak Buang Sampah Sembarangan Cegah Banjir Korlantas Peduli Lingkungan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Korlantas Polri meminta para pengendara tak membuang sampah sembarangan saat berkendara. Hal ini guna mencegah banjir akibat penyumbatan sampah tersebut.

"Masalah sampah berkaitan dengan masalah banjir. Budaya kita terus digelorakan memilah sampah ini harus diketahui seluruh jajaran khususnya Korlantas," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono dalam keterangannya, Rabu (15/1).

Irjen Istiono mengatakan, pihaknya bakal terus bekerjasama dengan instansi terkait guna mengatasi persoalan sampah tersebut. Program bertajuk Korlantas peduli lingkungan bersih khususnya masalah sampah ini dalam rangka menindaklanjuti program pemerintah yakni Indonesia bersih.

"Masalah utama selain penanaman pohon kita lakukan program lingkungan bersih masalah sampah. Dan hari ini kita lakukan peduli lingkungan di Korlantas masalah sampah," kata dia.

Dia mencontohkan kawasan Gadog setiap akhir pekan mengalami antre panjang serta sampah berserakan. Nantinya di setiap titik ruas macet bakal dipasang tempat sampah guna mengajak pengendara sadar kebersihan.

"Ini kita akan buka dan anggota Polri kita sampaikan kita siapkan tempat sampahnya. Kita dorong Jasa Marga titik mana antrean panjang pada momen tertentu harus dipasang," kata dia.

Dia menambahkan di area parkir perlu juga dibudayakan mengenai kesadaran buang sampah. Menurut dia, lalu lintas perlu dibekali wawasan kebersihan lingkungan.

"Dengan demikian tidak bosan-bosannya kita menggandeng instansi lainnya ayo kita ciptakan lingkungan bersih. Bencana banjir bisa disebabkan oleh sampah. Banjir bisa karena tanaman yang berkurang. Kita upayakan pencegahan bencana jadi program Indonesia bersih," tandasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini