Pemerintah: Pandemi Belum Usai, Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan

Senin, 4 Juli 2022 13:21 Reporter : Alma Fikhasari
Pemerintah: Pandemi Belum Usai, Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan Mobil vaksinasi keliling di Terminal Baranangsiang. ©2022 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Kasus Covid-19 kembali melonjak beberapa pekan belakangan. Presiden Joko Widodo meminta agar capaian vaksin dosis ketiga atau vaksin booster ditingkatkan.

Pemerintah juga mewajibkan booster untuk kegiatan masyarakat. Khususnya, perjalanan menggunakan transportasi umum.

"Tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan. Jadi tadi arahan Bapak Presiden, untuk di airport disiapkan untuk vaksinasi dosis ketiga," kata Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, konferensi pers secara virtual, Jakarta, Senin (4/7).

Tak hanya itu, ia mengatakan, Presiden Jokowi mengingatkan agar Aplikasi PeduliLindungi terus dioptimalkan untuk monitoring kegiatan masyarakat.

"Kemudian yang berikut tadi Bapak Presiden mengingatkan bahwa aplikasi PeduliLindungi untuk di berbagai tempat untuk terus diperketat," ucapnnya.

2 dari 2 halaman

"Jadi tidak boleh kendor. Karena beberapa tempat termonitor agak kendor. Jadi ini yang harus ditingkatkan lagi karena tadi diingatkan bahwa beberapa negara masih tinggi, jadi pandemi belum usai," sambung Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran bahwa untuk kegiatan keramaian wajib vaksinasi dosis ketiga atau booster.

"Satgas sudah mengeluarkan Surat Edaran bahwa untuk kegiatan keramaian itu wajib dosis ketiga. Jadi dikaitkan dengan izin keramaian," ucapnya.

Baca juga:
Epidemiolog Nilai Wajib Booster di Ruang Publik Hanya Kebijakan Politis
Epidemiolog Nilai Tepat Vaksinasi Booster jadi Syarat Utama Masuk Fasilitas Publik
Antusiasme Warga Ikuti Vaksinasi Booster Gratis Sembako
Alasan Pemerintah Tak Batasi Aktivitas Masyarakat Meski Covid-19 Naik Lagi
Kasus Covid-19 Naik Lagi, Menko Luhut Kaji Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan
Antisipasi Varian Baru Omicron, Pemerintah Genjot Vaksinasi Booster Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini