Pemerintah Larang Mudik, Pembangunan 2 Bandara di Jateng Diteruskan

Rabu, 7 April 2021 00:03 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Pemerintah Larang Mudik, Pembangunan 2 Bandara di Jateng Diteruskan Bandara Purbalingga. ©2021 Liputan6.com

Merdeka.com - Pembangunan dua bandara baru di Jawa Tengah, Ngloram Blora dan Jenderal Sudirman Purbalingga dilanjutkan setelah pemerintah melarang masyarakat mudik saat Lebaran. Sebelumnya, dua bandara ini dipersiapkan untuk melayani pemudik pada lebaran 2021.

"Bandara baru itu rencananya memang dipakai untuk mudik. Tapi karena keputusan tidak mudik, ya sudah pembangunannya diteruskan saja," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa (6/4).

Dari sisi pembangunannya, dua bandara itu telah menyelesaikan landasan pacu. Sementara pembangunan supporting lain masih belum selesai.

"Kalau jadi terminal dan sebagainya kan bisa dipakai darurat. Intinya kami sudah komunikasi dengan Kemenhub dan menyiapkan, apakah kita jadi pakai di lebaran atau tidak. Tapi, rasa-rasanya belum dipakai," ungkapnya.

Sedangkan progres pembangunan dua bandara itu sudah berjalan bagus. Bahkan dua bandara sudah dilakukan uji coba pendaratan pesawat dan berhasil.

"Dari visibilitasnya dan teknisnya, keduanya sudah di uji coba dan dua-duanya bagus. Maskapai Citilink sudah mendarat di Jenderal Sudirman Purbalingga, semua pendaratannya bagus. Sedangkan untuk bandara Ngloram, saya sendiri sudah mencoba mendarat di bandara itu, semua sudah sesuai," jelasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini