Pejabat Polda NTB Bantu WNA Tersangka Narkoba 2,4 Kg Sabu Kabur dari Rutan

Kamis, 31 Januari 2019 13:31 Reporter : Merdeka
Pejabat Polda NTB Bantu WNA Tersangka Narkoba 2,4 Kg Sabu Kabur dari Rutan Ilustrasi Narapidana. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kasubdit Pengamanan Tahanan (Pamtah) Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) Kompol TM ditahan lantaran diduga membantu pelarian tersangka narkoba, Dorfin Felix. Dorfin yang merupakan warga negara Prancis itu diketahui sebagai tahanan Polda NTB atas kepemilikan 2,4 kilogram sabu.

"Oknum tersebut sudah ditahan sekarang. Sudah ada timsus dari Propam Mabes Polri, sudah dilakukan penahanan," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis (31/1).

Namun, Syahar menampik isu suap Rp 10 miliar dari Dorfin kepada petugas yang membantunya kabur. Polisi bahkan menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), tidak menemukan aliran dana sebesar itu.

"Yang dibuktikan sementara adalah adanya gratifikasi. Dia kan menjaga, ada tahanan diberi uang untuk dibeli TV, selimut yang seharusnya tidak boleh," tuturnya.

Saat ini, polisi masih memburu Dorfin yang diketahui kabur dari Rutan Polda NTB pada Minggu 20 Januari 2019 lalu. Polisi juga telah memasukkan namanya ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Sudah kita lakukan upaya pencarian. Sudah kita terbitkan DPO, tim sudah bergerak," kata Syahar.

Sebelumnya, Dorfin dikabarkan kabur dari sel tahanan di Rutan Polda NTB melalui jendela berjeruji berukuran sekitar 70x70 centimeter. Dia diduga menggunakan gergaji untuk menjebol teralis besi di ruang tahanan yang ada di lantai dua itu.

Namun belakangan, kejanggalan demi kejanggalan mulai terlihat. Propam menemukan indikasi keterlibatan oknum anggota kepolisian dalam pelarian tahanan kasus narkoba tersebut.

Reporter: Nafiysul Qodar [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini