Paus 6 Meter Terdampar dan Tewas di Pantai Lumajang

Selasa, 10 September 2019 23:02 Reporter : Muhammad Permana
Paus 6 Meter Terdampar dan Tewas di Pantai Lumajang Paus 6 Meter Terdampar di Lumajang. ©2019 BPBD Lumajang

Merdeka.com - Seekor ikan paus ditemukan terdampar di tepi Pantai Kajaran, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Lumajang. Hewan mamalia laut tersebut memiliki panjang sekitar 6 meter dan lebar 1 meter.

Ikan paus tersebut pertama kali dilihat warga pada Senin (9/9) petang, sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu, ikan paus masih dalam keadaan hidup. Namun selang beberapa saat akhirnya mati, kemungkinan karena terlalu lama di darat.

Mendapat laporan dari warga, Kapolsek Pasirian didampingi Danramil beserta BPBD Lumajang langsung mendatangi TKP tersebut. Polsek Pasirian kini sudah berkoordinasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk mengevakuasi bangkai paus tersebut.

"Yang pertama kali mengetahui kejadian ini adalah masyarakat dusun kajaran yang rumahnya dekat pesisir, yang saat itu melihat ada benda besar dan setelah didekati ternyata seekor ikan paus. selanjutnya setelah diperhatikan beberapa saat ikan tidak bergerak sama sekali, lalu dihubungilah kepala dusun dan diteruskan menghubungi Polsek Pasirian," ujar Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban saat dikonfirmasi.

"Ditinjau dari keadaannya, paus sepanjang 6 meter ini masih utuh dan segar karena terseret ombak pasang dan akhirnya terdampar," papar Arsal.

Meski telah mati, Polres Lumajang masih akan mengawasi bangkai paus ini agar tidak dieksploitasi oleh warga.

"Ini kali kedua saya mendengar adanya paus terdampar di Lumajang. Kali ini ukuran pausnya lebih kecil dari sebelumnya. Kami akan menjaga agar tetap utuh hingga pihak instansi terkait datang guna evakuasi bangkai ikan Hiu Paus ini," tutur Arsal.

Dugaan sementara, Paus malang ini terseret gelombang air pasang sehingga terdampar dipesisir pantai kemudian mati akibat dehidrasi. "Diperkirakan ikan mengalami disorientasi navigasi, sehingga terbawa arus dan terapung hingga terdampar ke pantai," ujar Wawan Hadi Siswoyo, Plt Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang saat dikonfirmasi terpisah.

Baca juga:

Paus Pilot Seberat 100 Kg Ditemukan Mati di Pantai Penimbangan Bali
Perjuangan Petugas Selamatkan Paus Sperma yang Terdampar di Brasil
Paus Sirip Ditemukan Mati Terdampar di Prancis
Nestapa Hiu Paus Mati Terdampar di Atas Tumpukan Sampah
Puluhan Paus Mati Terdampar di Pantai Islandia
Aksi Heroik Wisatawan Selamatkan Kawanan Paus Terdampar
Bangkai Paus Sepanjang 9,2 Meter Terdampar di Pantai Gusi Buton Utara [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini