Nilai kinerja Sutiyoso tak maksimal, politisi Golkar dukung BG KaBIN

Sabtu, 3 September 2016 12:45 Reporter : Juven Martua Sitompul
Nilai kinerja Sutiyoso tak maksimal, politisi Golkar dukung BG KaBIN Komjen Budi Gunawan. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid meminta Budi Gunawan bisa bekerja dengan cepat dan maksimal jika nantinya resmi menjadi Kepala badan Intelijen Negara (BIN) yang baru menggantikan Sutiyoso. Sebab, diakui dia beberapa bukan terakhir kinerja BIN di bawah kepemimpinan Sutiyoso tidak maksimal.

"Beberapa bulan ini BIN tidak gencar kerjanya atau tidak cepat. Dengan ada surat penunjukan Kepala BIN masuk ke DPR, seharusnya BIN bekerja apa yang harus ditangani. Catatan-catatan sebelumnya harus segera dikoreksi," ujar Meutya dalam diskusi bertajuk 'Ini dia Kepala BIN baru' di Jakarta, Sabtu (3/9).

Dia mengklaim DPR menyambut baik pencalonan Budi Gunawan sebagai KaBIN yang baru. Politikus Golkar ini pun mengaku kalau anggota DPR tidak mempersoalkan latar belakang polisi atau TNI sebagai KaBIN.

"DPR menyambut baik. Saya menghindari dikotomi TNI-Polri di tubuh BIN. Presiden mengkaji betul bahwa orang ini adalah yang terbaik yang dipilih oleh presiden," ucap dia.

Dia menambahkan surat penunjukan Budi Gunawan akan dibacakan di forum paripurna dan kemudian ditindaklanjuti Komisi I.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menemui pimpinan DPR di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (2/9). Pratikno menjelaskan pertemuan tersebut untuk menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo menunjuk Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala BIN.

"Jadi KaBIN diusulkan nama baru yaitu bapak Budi Gunawan. Jadi sekarang tinggal prosesnya di DPR karena harus mendapat kan pertimbangan dari DPR, kata Pratikno di Gedung DPR, Jumat (2/9). [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini