Minta ampun, enam tersangka pemerkosa siswi SD di Semarang menangis

Rabu, 1 Juni 2016 14:58 Reporter : Parwito
Minta ampun, enam tersangka pemerkosa siswi SD di Semarang menangis Pemerkosa siswi SD di semarang menangis diperiksa polisi. ©2016 merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Enam tersangka pemerkosaan PL (12), siswi SD di Penggaron, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah menangis sesenggukan dan menyesali perbuatannya di hadapan Ketua Komisi Perlindungan anak Indonesia (KPAI) Arist Merdeka Sirait. Arist mengajak keenam tersangka berikrar mengakui kesalahannya.

"Saya menyesal. Saya minta ampun pak! Saya minta ampun! Saya menyesal dan minta ampun!" teriak keenam tersangka sambil sesenggukan menangis di halaman Mapolresta Semarang, Jawa Tengah, Rabu (1/6).

Arist menuturkan, gerombolan pemerkosa atau yang biasa disebut geng rape meresahkan masyarakat. Sebelum kejadian di Semarang, pemerkosaan terhadap anak di bawah umur juga terjadi di Pemalang.

"Ini sedang marak terjadi gang rape atau gerombolan pemerkosa. Setiap saat dan setiap hari terjadi kejahatan seksual di bawah 18 tahun adalah tindak pidana. Ini sebagai bagian dari harus diperangi sesuai ketentuan," ungkapnya.

Dia sepakat bahwa pelaku pemerkosaan dijerat dengan pasal berlapis. Baik undang-undang perlindungan anak maupun pasal pidana tindak kejahatan. Bisa dikaitkan juga dengan tambahan hukuman dalam Perppu Perlindungan anak yang baru disahkan Presiden Joko Widodo.

"Minimal 10 tahun atau 20 tahun. Pasal 82 UU Perlindungan anak maksimal 20 tahun jika ditemukan bukti kejahatan. Dalam perpu kejahatan luar biasa. Serta bisa di junto kan dengan hukum pidana bisa dikategorikan perbuatan cabul," ungkap Arist.

Terkait hukuman bagi pelaku yang masuk kategori di bawah umur, Arist menyerahkan sepenuhnya pada aparat kepolisian.

"Ini kejahatan seksual. Karena ada pelaku yang dewasa. Ada yang di bawah usia pelakunya. Ini penerapannya oleh pihak penyidik yang bisa menentukan," ungkapnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini