Menyamar Jadi Gembel, Bandar Narkoba Bawa 5 Kg Sabu

Kamis, 19 November 2020 12:10 Reporter : Ahmad Udin
Menyamar Jadi Gembel, Bandar Narkoba Bawa 5 Kg Sabu Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat (Sulbar) menangkap bandar narkoba lintas provinsi yang menyamar jadi gembel. Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Sampurno mengatakan, pengungkapan ini merupakan kali pertama dan terbesar di Sulbar sejak lima tahun terakhir.

Dia menyebutkan, tersangka bernama Lanning asal warga Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap di Jalan Kartini, Kabupaten Majene. Saat itu, Lanning menyamar jadi gembel dengan menenteng tas plastik warna hitam dengan isi sabu 5 bungkus dengan total 5 kilogram.

"Jadi tersangka ini nyamar jadi gembel dan ini modus baru. Bayangkan dia berjalan kaki ke arah selatan mau ke Makassar dengan menenteng kantongan warna hitam dengan isi sabu seberat 5 kilogram," kata Eko Sampurno kepada wartawan, Kamis (19/11).

Tersangka diketahui merupakan pemain lama yang memang pernah dihukum kasus kepemilikan sabu. Polisi juga mengamankan sabu seberat 0,58 gram dari rumah tersangka. Masih ada lima pelaku lagi yang masih dalam kejaran anggota Reserse Narkoba Polda Sulbar.

"Kami masih kejar lima orang DPO lagi yang identitasnya kami sudah ketahui. Dan saat kami kembangkan setelah tersangka diamankan, anggota menggeledah rumah tersangka Lanning, polisi menemukan sabu seberat 0,58 gram," sebutnya.

Sabu 5 kg yang berhasil diamankan dari tangan tersangka itu, jika dirupiahkan kurang lebih Rp9 miliar lebih.

"Nilainya sangat fantastis, dengan berat 5 kg jika dirupiahkan sebesar kurang lebih bisa mencapai Rp9 sampai Rp10 miliar" sebutnya.

Tersangka yang sudah mendekam ditahanan polda Sulbar dengan ancaman hukuman seumur hidup. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penyelundupan Narkoba
  3. Mamuju
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini