Menparekraf: Jangan Sampai Pariwisata Picu Gelombang Ketiga Covid-19

Senin, 18 Oktober 2021 11:10 Reporter : Henny Rachma Sari
Menparekraf: Jangan Sampai Pariwisata Picu Gelombang Ketiga Covid-19 Sandiaga Uno di Desa Cikakak. ©Instagram/@republikwangon

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia saat ini tengah melonggarkan sejumlah aturan terkait Covid-19. Rumah makan sudah bisa layani makan di tempat, sekolah tatap muka bertahap digelar hingga sektor pariwisata yang mulai menggeliat. Terkait itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan jangan sampai sektor pariwisata jadi pemicu gelombang ketiga Covid-19.

"Kemarin yang varian Delta, dan yang sebelumnya bukan dari pariwisata, jadi pariwisata tidak pernah menjadi pemicu daripada pandemi, tapi jangan sampai kali ini pariwisata jadi pemicu," kata Sandiaga di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (18/10).

Menurutnya kemunculan gelombang ketiga Covid-19 menjadi sebuah keniscayaan. Namun kesiapan protokol kesehatan di destinasi wisata menjadi kunci antisipasi gelombang ketiga tersebut.

"Jadi teman-teman di pariwisata jangan euforia, terapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Menurutnya angka kasus Covid-19 di Indonesia sejauh ini sudah kian melandai. Maka ia meminta sektor pariwisata agar menjaga hal tersebut tetap demikian.

Pasalnya pada tahun 2022 mendatang, kata dia, Indonesia bakal menggelar sejumlah kegiatan. Salah satunya yakni kegiatan G20 yang mengundang sejumlah pemimpin atau perwakilan negara.

Maka dari itu, ia meminta sektor pariwisata menerapkan sistem CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) guna menjamin kesehatan, keselamatan para wisatawan.

"Jangan sampai kita lengah, karena kita dalam situasi yang sangat landai, tiba-tiba kita tidak siap mengantisipasi gelombang ketiga," katanya.

Baca juga:
Polisi Masih Batasi Wisatawan Menuju Anyer
Toko Souvenir di Gang Poppies Lane Kuta Berubah Terbengkalai Selama Pandemi Covid-19
Mengintip Keunikan Kampung di Atas Waduk Cirata Cianjur, Ada Warung Terapung Keliling
Simak Aturan Terbaru Penerbangan Internasional
Mau Berwisata Pakai Mobil Listrik di Solo? Cukup Rogoh Kocek Rp20 Ribu
Cerita Pedagang Suvenir di Pantai Kuta: Sudah Lama Tidak Ngomong Sama Turis
Asyik, Layanan Internet Cepat Biznet Sudah Masuk ke Labuan Bajo, NTT

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini