Menhan, Panglima TNI & Menkes Sambut Hercules Angkut Alkes dari Tiongkok

Senin, 23 Maret 2020 12:24 Reporter : Ronald
Menhan, Panglima TNI & Menkes Sambut Hercules Angkut Alkes dari Tiongkok Prabowo terima alat kesehatan di Lanud Halim. ©Istimewa

Merdeka.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Staf Kepresidenan Moeldoko menyambut pesawat C-130B Hercules milik TNI Angkatan Udara. Pesawat itu membawa Alat Pelindung Diri (APD) dari Tiongkok.

Penyambutan ini diterima di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Pada hari ini kita telah bersama-sama melaksanakan suatu upacara singkat secara simbolis untuk menunjukkan keseriusan pemerintah Indonesia dan semua unsur pemerintah Indonesia bekerjasama dengan pemerintah negara sahabat seperti Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan perusahaan swasta dari Tiongkok dan dari Indonesia yang bekerja sama dan bergabung dalam rangka menghadapi ancaman dari Covid-19 ini," kata Prabowo dalam sambutannya di lokasi, Senin (23/3).

Menurut Prabowo, tindakan mendatangkan Alat Pelindung Diri (APD) adalah bentuk pemerintah mencegah penularan virus Corona. Ke depan, katanya, upaya mendatangkan alat kesehatan akan terus dilakukan pemerintah.

"Saudara sudah melihat dan mendengar. Ini salah satu bentuk tindakan dan di hari-hari akan datang, akan terus lebih banyak lagi kegiatan seperti ini," kata Prabowo.

Bahkan, lanjutnya, TNI sudah menyiapkan pesawat yang lebih besar untuk mendatangkan APD. Namun dia tak menjelaskan kapan itu dilakukan.

"Mungkin pesawat yang kami kirim lebih besar. Kami sangat serius menangani ini. Insyaallah pemerintah bisa atasi ini asalkan kompak dan tidak panik. Ini dihadapi seluruh dunia. Jadi harus dihadapi serius tetapi tenang," katanya.

Lebih lanjut mantan Danjen Kopassus ini menyampaikan, total alat kesehatan yang didatangkan dari Tiongkok seberat 12 ton.

"Saya secara rinci tidak hapal, tetapi cukup besar. Segera akan didistribusikan ke rumah sakit. 12 ton APD-nya," pungkasnya.

Data yang dihimpun oleh SCTV, bantuan ini terdiri dari 20.000 pakaian pelindung, 15.000 masker N-95, 10.000 sarung tangan sekali pakai, 15.000 masker sekali pakai, serta 10.000 pelindung mata.

Pengusaha yang berpartisipasi dari Tiongkok adalah Tsing Shan Charity Foundation dan Pihak Indonesia adalah PT IMIP Morowali yang merupakan kemitraan antara Bintang Delapan Group dengan Tsing San Tiongkok.

Keberhasilan mendatangkan bantuan ini bisa terwujud berkat kerjasama yang erat dan semangat persatuan antar berbagai elemen bangsa untuk melawan pandemi COVID-19.

Sumbangan ini dimaksudkan untuk membantu para petugas medis di Indonesia, yang saat ini sedang berjibaku menangani pasien Covid-19. [ian]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini