Mengintip Latihan Prajurit TNI Jadi Pasukan Perdamaian Dunia

Selasa, 5 Maret 2019 05:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Mengintip Latihan Prajurit TNI Jadi Pasukan Perdamaian Dunia Aksi prajurit wanita TNI kibarkan sang merah putih di Lebanon. ©puspes tni

Merdeka.com - Tentara Nasional Indonesia atau TNI sering mengirim pasukannya sebagai anggota misi perdamaian PBB ke luar negeri. Pasukan itu dinamakan Garuda Indobatt (Satgas Indonesian Battalion). Tak mudah untuk bisa bergabung dalam pasukan ini. Tes masuknya cukup sulit.

Letjen TNI AM Putranto yang saat itu pernah menjabat sebagai Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI menjelaskan seleksi yang harus dilalui oleh Pasukan Garuda Indobatt. Seleksi tersebut meliputi tes kesehatan umum, jiwa dan rohani.

Kemudian psikologi, Bahasa Inggris, stir mobil, komputer. Selain itu pengetahuan mengenai proses komunikasi yang akan digunakan di lokasi.

Setelah berhasil melalui seleksi itu, anggota akan mengikuti kegiatan pratugas selama 30 hari untuk mengenal mekanisme kerja PBB dan kondisi lapangan di mana para prajurit akan diterjunkan.

Agar menjadi pasukan tangguh, pasti ada banyak latihan yang harus anggota TNI jalani. Berikut latihan anggota pasukan perdamaian baik dilakukan di dalam atau di luar negeri:

Baca Selanjutnya: Membaca Peta Navigasi dan GPS...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. TNI
  3. PBB
  4. Pasukan Perdamaian PBB
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini