Mengenal Kogabwilhan, Satuan Baru di TNI Dipimpin Seorang Jenderal

Jumat, 8 Februari 2019 05:30 Reporter : Syifa Hanifah
Mengenal Kogabwilhan, Satuan Baru di TNI Dipimpin Seorang Jenderal TNI. ©2019 AFP PHOTO/CHAIDEER MAHYUDDIN

Merdeka.com - TNI akan memiliki satuan baru bernama Komando Gabungan Wilayah Pertahanan atau Kogabwilhan. Pembentukan Kogabwilhan juga akan memudahkan koordinasi di daerah ketika ada perkembangan situasi konflik, sehingga reaksinya akan lebih cepat.

Kogabwilhan sebenarnya sudah digagas sejak lama dan rencananya Kogabwilhan akan diresmikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam waktu dekat. Berikut fakta tentang satuan baru TNI, Kogabwilhan:

1 dari 3 halaman

Markas Kogabwilhan Dipusatkan Sekitar Kepri

TNI di Natuna. ©2016 Merdeka.com

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Kogabwilhan akan dipusatkan di sekitar Kepulauan Riau. Dia mengatakan alasan markas Kogabwilhan di Kepri karena terdapat sejumlah basis pertahanan TNI seperti Pangkalan TNI AL (Lanal), Pangkalan Udara TNI AU (Lanud), dan Komando Resort Militer TNI AD (Korem).

"Akan kami letakkan di wilayah tengah, antara Batam dan Tanjung Pinang. Sehingga corong sampai ke Natuna jadi kena semua," jelas Hadi Tjahjanto.

2 dari 3 halaman

Untuk Memudahkan Koordinasi

Aksi prajurit TNI di HUT ke 72. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Dibentuknya Kogabwilhan memiliki tujuan untuk mengintegrasikan tugas tiga matra TNI, yakni TNI AL, TNI AU Dan TNI AD dalam pelaksanaan operasi gabungan.

Selain itu juga bertujuan untuk memudahkan koordinasi di daerah ketika ada perkembangan situasi konflik, sehingga reaksinya akan lebih cepat.

3 dari 3 halaman

Akan Dipimpin Letnan Jenderal

Aksi prajurit TNI di HUT ke 72. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Pembentukkan Kogabwilhan sudah berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2016 yang sebelumnya merevisi Perpres 10 tahun 2010 tentang Susunan Organisasi TNI. Kogabwilhan sendiri akan berada langsung di bawah komando Panglima TNI.

Nantinya Kogabwilhan akan dijabat oleh perwira tinggi berpangkat Letnan Jenderal. Sementara itu wakil komandan akan diisi oleh satu orang berpangkat Mayor Jenderal, serta enam asisten berpangkat Brigadir Jenderal. [has]

Baca juga:
Perjuangan Preman Terminal Bisa Jadi Perwira TNI di Kopassus
Kisah-Kisah Nyata Anggota TNI Duel dengan Penjahat Selamatkan Warga
Letjen TNI Herindra Ungkap Sosok Paling Ditakuti Kopassus di Timor Timur
Mengenang Pesawat Tempur TNI yang Pernah Berjibaku dalam Perang
Kapuspen Sebut Kementerian/Lembaga Minta 60 Personel TNI Isi Kursi ASN

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini