Menengok kondisi pabrik Esemka di Boyolali

Kamis, 25 Oktober 2018 08:52 Reporter : Arie Sunaryo
Menengok kondisi pabrik Esemka di Boyolali Pabrik Esemka. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pabrik mobil Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali dikabarkan mulai melakukan produksi perakitan. Pantauan merdeka.com dari sekitar pabrik, di halaman depan sudah berjalan puluhan mobil pikap baru. Ada dua warna yang terpantau, yakni warna putih dan silver.

Di pabrik yang menghadap ke selatan tersebut tertulis PT. Solo Manufaktur Kreasi. Di bagian atas terdapat logo besar dan tulisan Esemka. Namun saat merdeka.com dan sejumlah wartawan lainnya mendekat, security pabrik menghalaunya. Wartawan dilarang melakukan peliputan ataupun mengambil gambar.

Lokasi pabrik memang terletak di sebuah desa yang cukup sepi. Jalan didepan pabrik pun hanya merupakan jalan desa. Jarak tempuh ke Kota Solo sekitar 20 kilometer. Sedangkan ke Bandara Internasional Adi Soemarmo, dan jalur tol Solo-Semarang hanya sekitar 5 kilometer.

Pabrik Esemka 2018 Merdeka.com



Tak banyak warga sekitar yang mengetahui aktifitas di dalam pabrik tersebut, termasuk kepala desa dan perangkat desa lainnya. Namun sejumlah warga sering melihat mobil kontainer keluar masuk pabrik.

Kepada wartawan, Kepala Desa Demangan, Wijiyanto mengatakan dirinya tak banyak tahu aktivitas yang dilakukan di dalam pabrik Esemka. Sejak pabrik perakitan berdiri tiga tahun lalu, ia mengaku baru dua kali berkomunikasi dengan koordinator pabrik.

Pabrik Esemka 2018 Merdeka.com



"Saya baru dua kali ke pabrik sejak berdiri. Belum ada informasi apa-apa. Saya tidak tahu siapa saja yang ada di dalam pabrik, baik manajemen maupun para pekerja yang ada disana," ujar Wijayanto, Kamis (25/10).

Pabrik Esemka 2018 Merdeka.com



Menurut dia, aktivitas di pabrik Esemka baru terlihat sejak setahun terakhir. Dia dan warga juga sering melihat kontainer keluar masuk ke pabrik. Namun ia tak tahu pasti apa isi kontainer tersebut.

Pabrik Esemka 2018 Merdeka.com



"Saya tidak tahu apa isinya, mungkin mesin mobil Esemka, karena datangnya juga sudah malam," jelasnya. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini